Gede Naraya Sebut Fadly Pemimpin Milenial yang Paham Fungsi Keterbukaan Informasi

555
Tim penilai TinarBuka 2023 yang terdiri dari Komisioner KI Pusat Gede Naraya dan dari Kemendagri Ayu bersama Komisioner KI Sumbar saat diterima Walikota Padang Panjang Fadly Amran di ruang kerjanya,selasa 11/04/23.( foto:dok)

Padang Panjang,92news.id –Dua orang tim penilai Anugerah TinarBuka 2023 dari Komisi Informasi Pusat dan Kemendagri RI datangi Balaikota Padang Panjang, Selasa 11/4-2023 siang.

Gede Naraya dan Ayu didampingi 4 Komisioner KI Sumbar, Nofal Wiska (Ketua), Arif Yumardi (Wakil Ketua), Tanti Endang Lestari dan Adrian Tuswandi disambut Wako Padang Panjang Fadly Amran, bersama Kadis Kominfo Ampera dan Labid IKP Kominfo Padang Panjang Maryulis Max.

Fadly yang masuk nominasi penerima Anugerah TinarBuka 2023 dalam rangka Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) kategori Walikota dan Bupati se Indonesia, tidak ragu menjawab dan menjelaskan semua uji fakta yang ditanyakan dua penguji tersebut.

“Tidak akan terjadi pemerintahan yang bersih dan baik, kalau penyelenggaraannya tertutup, sehingga itu sejak mengemban amanah sebagai Walikota Padang Panjang, saya bertekad keterbukaan informasi publik harus diterapkan terhadap semua program dilaksanakan pemerintahan kota ini,” ujar Fady Amran.

Bahkan sinergisitas pelayanan pun berpadu padan dengan nafas keterbuakaan, ada Command Center, ada Rumah Aspirasi dan Lapor Wali.

“Itu rohnya keterbukan informasi publik,” ujar Fadly Amran.

Gede Narayana selaku Komisioner KI Pusat mengaku ada chemestri keterbuakaan informasi publik dengan kecerdasan pemimpin dan usia pemimpin.

“Pak Walikota Padang Panjang ini dikenal sebagai tokoh milenial Sumbar, sehingga apa yang kita gali, lugas beliau menjelaskan,” ujar Gede Narayana.

Bahkan dua penguji terlihat puas menyaksikan gambar monitor raksasa di ruang Comand Center Pemko Padang Panjang.

“Semuanya tersaji secara jelas dan terang di ruangan ini,” ujar Ayu.

Setelah meninjau Command Center, Rumah Aspirasi dan Lapor Wali, tim juga meninjau ruangan pelayanan PPID Utama Pemko Padang Panjang.

Bahkan Gede Narayana dan Fadly Amran sempat podcast di ruangan kedap suara di kelola Diskominfo Padang Panjang.

TinarBuka 2023 merupakan Monev Struktural ada tiga kategori (Kepala Daerah, SKPD/OPR dan Penyelenggara Pemilu) yang dinilai tim penilai terdiri dari Komisi Informasi Pusat, Kemendagri Kemenpan RB dan Kemenko Polhukam.

“Anugerah TinarBuka 2023 ini akan diserahkan pada Puncak HKIN di Kampar Riau pada awal Mei ini oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” ujar Gede Narayana. (***)

… KLIK DI SINI