Zuhrizul kembali Inisiasi” Minang Geopark Cycling” Gowes Explore Danau biru Sijunjung

19
Peserta Minang Geopark Cycling saat dilepas Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yusfir, SSTP, M.Si sutan Gumilang di nagari Kunangan Parit Rantang, kecamatan Kamang Baru,minggu 24/9/23.(foto:dok)

Sijunjung,92news.id — Ajang Gowes Explore Danau Biru, Sijunjung dilepas oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang bersama Insiator Minang Geopark Cycling di Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru pada Minggu (24/9/2023).

“Marilah kita gelorakan semangat berolahraga, demi terwujudnya masyarakat yang sehat dan bugar,” ujar Benny saat pelepasan peserta.

Gowes Explore Danau Biru diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari Propinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Bengkulu.

Turut mendampingi bupati Sijunjung pada kesempatan itu, Pj. Walikota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M.Si Forkopimda, camat Kamang Baru, Forkopimca, Ketua Forwana Syahbuddin Dt. Sinaro serta para wali nagari.

“Acara berjalan dengan sukses dan meriah,” ujar Kadisparpora.

Tokoh pariwisata Sumbar dan Inisiator M. Zuhrizul juga mengaku senang dengan digelarnya Minang Geopark Cycling oleh ASRI bersama Disparpora Sijunjung.

“Ini iven ketiga kalinya dari Minang Geopark Cycling yang digelar di Nagari Kunangan Kamang Baru. Sebelumnya di Nagari Lawang dan Nagari Sianok. Iven ini sangat besar dampaknya bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi masyarakat di Sijunjung. Apalagi kabarnya peserta juga banyak dari luar Sumbar seperti Riau, Jambi, dan Palembang,” kata Zuhrizul.

Dengan adanya iven ini, Zuhrizul juga mengajak para pegiat pariwisata bersama-sama menginformasikan iven ini sebagai bagian dari kolaborasi mempromosikan potensi wisata Sijunjung. “Kita akan promosikan bersama-sama gowes di Danau Biru ini. Sangat spesial karena Kamang Baru Sijunjung banyak menyimpan sorga tersembunyi, alam mempesona,” kata Zuhrizul yang juga Ketua Umum IATTA Sumbar.

Selain Minang Geopark Cycling, Zuhrizul juga inisiator Kejuaraan dunia arung jeram silokek geo Fest dan Geopark run, terus berupaya agar Geopark ranah Minang silokek di canangkan sebagai UNESCO global Geopark dengan iven adalah satu indikator pendukungnya. (monsis)