Walikota Sawahlunto Resmi Membuka Kejurda FPTI se Sumbar

32
Walikota Deri Asta setelah mengalungkan medali kepada para juara di kejurda FPTI,sabtu 24/12/22 (foto:dok)

Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia ( FPTI) Sumbar menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) di Venue Wall Climbing Pengcab FPTI Kota Sawahlunto, Ajang ini dihelat sebagai persiapan menghadapi Porprov Sumbar 2023, Pra-PON 2023 & PON 2024.

Kejuaraan Daerah FPTI Sumbar 2022 dilaksanakan pada Tanggal 24 – 26 Desember 2022 diikuti oleh atlit & pelatih dari Pengcab FPTI se Sumatera Barat.

Ketua Pengcab FPTI Sawahlunto, Eka Wahyu mengatakan, sebagai tuan rumah kita selalu bersinergi dengan Pemerintah Kota Sawahlunto, untuk mendukung menggebyarkan Sport Tourism di Kota Sawahlunto, buktinya secara resmi Walikota Sawahlunto Deri Asta turut hadir membuka secara resmi dan mengapresiasi Kejurda yang kami laksanakan.

“Sebagai tuan rumah tentu kami selalu bersinergi dengan Pemko Sawahlunto dan mendukung serta menggebyarkan kegiatan ini. Walikota Deri Asta juga hadir dan sekaligus membuka kejurda ini,tuturnya

Ketua umum FPTI Sumbar, Nevi Zuairina yang diwakili oleh Ketua Harian Editiawarman mengatakan, Kejurda FPTI Sumbar 2022 adalah sebagai ajang mencari dan membina atlet panjat tebing usia dini dan usia muda di Provinsi Sumatera Barat.

“Kegiatan ini bertujuan dalam rangka mencari bibit dan membina atlit panjant tebing pada usia dini dan muda. Selain itu, juga untuk meningkatkan silaturahmi para atlet dan mantan atlet panjat tebing se-Sumatera Barat,” ucap Editiawarman.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta yang membuka secara resmi telah membuka Kejurda FPTI mengatakan saya sangat mengapresiasi para penggiat panjat tebing se Sumatera Barat yang begitu penuh semangat menggelar kegiatan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda ini. Kegiatan seperti ini harus lebih banyak digelar demi peningkatan prestasi panjat tebing nantinya di tingkat nasional dan internasional, saya sangat mendukung sekali.

Technical Delegate Aspil. menjelaskan ajang tersebut mempertandingkan untuk kategori Youth (Lead & Speed) terdiri dari Lead Youth B Putra dan Putri, Youth A Putra dan Putri, Junior Putra dan Putri, serta Speed Youth B Putra dan Putri, Youth A Putra dan Putri, Junior Putra dan Putri. Dengan menyediakan jumlah 12 medali emas, perak dan perunggu.

Untuk kategori Kids (Lead dan Speed) terdiri dari Lead Youth D Putra dan Putri, Youth C Putra dan Putri, serta Speed Youth D Putra dn Putri, Youth C Putra dan Putri dengan menyediakan 8 medali emas, perak serta perunggu.

Untuk kategori Senior, yaitu Lead Perorangan Putra dan Putri. Speed Perorangan Putra dan Putri, masing-masingya menyediakan 4 medali emas, perak dan perunggu.

“Untuk kelahiran atlit, kategori senior putra dan putri kelahiran 2002. Kategori Youth B putra dan putri kelahiran 2007-2008. Youth A kelahiran 2005 dan 2006. Junior 2003 dan 2004. Selanjutnya, kategori Kids Youth D kelahiran 2011-2012 dan Youth C kelahiran 2009-2010,” pungkas Aspil.