Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib Hadiri Pengukuhan Paskibraka Tingkat Sumbar

18
H. Suwirpen Suib, S.Sos menghadiri Upacara Pengukuhan anggota Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di auditorium gubernur, Selasa 15/8.(foto:dok)

Padang92news.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Suwirpen Suib, S.Sos menghadiri Upacara Pengukuhan anggota Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di auditorium gubernur, Selasa (15/8).

Menurut Suwirpen Suib, pengukuhan ini memiliki makna dan arti yang sangat mendalam bagi anggota paskibraka yang merupakan wujud dari ikrar, perbuatan dan juga tekad bahwa mereka semua telah siap dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab untuk mengemban tugas yang amat berat tetapi mulia, sebagai pasukan pengibar bendera.

“Pengukuhan ini juga bermakna bahwa telah tertanamnya semangat kebangsaan dan cinta tanah air, tumbuh suburnya jiwa patriotisme dan idealisme rela berkorban serta memiliki sikap disiplin, tanggung jawab dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,” ujar Suwirpen.

Kemudian lanjut Suwirpen, sebagai generasi muda bangsa Indonesia yang merupakan kader bangsa dan bagian dari sumber insan pembangunan nasional di masa depan, anggota paskibraka harus menjadi pelopor dan tegak pada garda terdepan dalam menangkal setiap kemungkinan munculnya peristiwa dan kejadian yang akan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk itu, anggota Paskibraka berkewajiban memelihara keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” katanya.

Dalam mewujudkan hal yang demikian harus menjadi contoh dan suri tauladan baik dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan keluarga, sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah tanamkan pada jiwa kalian semangat rela berkorban memiliki jiwa yang tangguh, pantang menyerah, memiliki pola pikir positif dan wawasan kebangsaan yang kuat dalam menghadapi kemungkinan rongrongan dan hasutan yang akan memecah belah keutuhan negara kita tercinta Republik Indonesia,” tandasnya.(**)