Untuk Kepentingan Masyarakat, Komisi I DPRD Sumbar Pelajari Penerapan SPBE ke Jawa Barat

23
Rombongan Komisi I DPRD Sumbar saat kunjungi Dinas Kominfo Prov Jabar, kamis 24/8/23.(foto:dok)

Bandung,92news.id — Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama OPD terkait Pemprov Sumbar melaksanakan studi banding ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) pada Kamis (24 Agustus 2023).

Studi banding tersebut dilakukan dalam rangka ingin mengetahui penerapan Pemprov Jabar terkait pencapaian Indeks tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Rombongan Komisi I DPRD Sumbar disambut Kepala Dinas Kominfo Pemprov Jabar, Asep diruang rapat Sanggabuana Gedung Sate.

Anggota Komisi I DPRD Sumbar Maigus Nasir saat berbicara di depan jajaran Dinas Kominfo Jawa Barat,kamis 24/8/23.(foto:dok)

Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Sawal mengatakan, melalui studi banding ini pihaknya ingin mengetahui seperti apa penerapan SPBE di Provinsi Jawa Barat.

“Kami ingin tahu, ingin belajar. Bagaimana manajerialnya termasuk dengan adanya aplikasi khusus untuk desa dan kecamatan serta kemungkinan bertambahnya aplikasi untuk memantau pembangunan yang ada di desa-desa termasuk regulasi terkait,” jelas Sawal.

Suasana tanya jawab yang digelar diruang pertemuan Dinas Kominfo Jawa Barat.(foto:dok)

Sementara Kepala Diskominfo Pemprov Jabar, Asep mengatakan, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan  komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

“Berbagai persiapan yang diperlukan tidak hanya Diskominfo, tetapi juga Perangkat Daerah terkait hingga SPBE yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” tutur Asep.

Suasan akrab terlihat antara Komisi I DPRD Sumbar dengan Jajaran Dinas Kominfo Jawa Barat.(foto:dok)

Kemudian lanjut Asep, pengelolaan SPBE menjadi tanggung jawab daerah mengingat indeks SPBE sudah dijadikan Indikator Kerja Utama (IKU) Pemprov Jabar untuk diukur setiap tahun dan dijadikan Laporan Kinerja Daerah ke Kemenpan RI.

Ditambahkan Asep, guna meningkatkan indeks SPBE di Kabupaten Beltim, Diskominfo sudah menganggarkan dana untuk peningkatan sarana dan prasarana berupa penambahan kapasitas server dan upaya untuk peningkatan kapasitas SDM serta peningkatan tata kelola SPBE.

Komisi I DPRD Sumbar mengaku puas dengan hasil studi banding ke Diskominfo Pemprov Jabar. Menurut Sawal, banyak hal dan pengetahuan baru yang bisa diambil dari kegiatan tersebut.

Jajaran Dinas Kominfo Jawa Barat serius mendengarkan maksud dan tujuan kedatangan Komisi I DPRD Sumbar.(foto:dok)

“Kami sangat puas, selama ini kami belum pernah melihat server, jaringan internet dan alat-alat yang canggih seperti yang ditunjukkan Kadiskominfo tadi. Mudah-mudahan Pemprov Jabar ini bisa menjadi percontohan bagi provinsi lainnya,” kata ketua Komisi I DPRD Sumbar Sawal.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh seluruh Komisi I DPRD Sumbar lengkap sebanyak sembilan orang. Sementara dari OPD yaitu Kepala Inspektorat, Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Kepala Disdukcapil Sumbar, Kabiro Pem Otda, Biro Hukum serta Biro Organ Pemprov Sumbar.(**)