Tuntaskan Janji, HM. Nurnas Kembali Serahkan Alsintan Untuk Kelompok Tanidi Dapilnya

20
Puluhan alsintan merk Yanmar dibagikan ke kelompok tani oleh Anggota DPRD Sumbar HM. Nurnas, jum'at 1/9/23.(foto:doķ)

PADANG PARIAMAN,92news.id — Ternyata memperjuangkan petani dan nelayan di daerah pemilihannya bukan hanya teori bagi HM. Nurnas, membuktikan konsistensi sebagai wakil rakyat yang berjuang pada masyarakat, khususnya petani dan Nelayan, kembali dilakukan Penyerahan alat mesin pertanian (Alsintan) aspirasi masyarakat pada Kelompok tani dan wanita tani yang diperjuangkan anggota Komisi IV dari Fraksi Demokrat DPRD Sumbar HM. Nurnas, Jumat (1/9/2023).

Adapun yang diserahkan hand tractor 16 unit, dengan rincian, 8 unit untuk kecamatan Lubuk Alung, 2 unit kecamatan Sungai Limau, 5 unit kecamatan Ulakan Tapakih, dan 1 unit untuk kecamatan Batang Anai.

Penyerahan 16 unit Alsintan untuk kelompok tani dan wanita tani dilakukan HM. Nurnas di jorong Pilubang, Nagari Kataping, kecamatan Batang Anai, kabupaten Padang Pariaman, dihadiri langsung penerima, wali Jorong dan wali nagari, serta Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Horticultura Provinsi Dede, juga Welita dari Kabupaten Padang Pariaman.

Diantara Wali Nagari yang hadir yakni Wali Nagari Punggung Kasiak Dodi Marten, mengatakan kalau bantuan Alsintan yang diperjuangkan HM. Nurnas sangat dibutuhkan masyarakat dalam meningkatkan penghasilan pendapatan petani.

“Kami sangat beruntung memiliki anggota DPRD Sumbar seperti Pak Nurnas ini, karena selalu konsisten dalam memperjuangkan masyarakat, khususnya petani dan nelayan, sehingga semangat dalam meningkatkan produksi pertanian semakin tinggi,” Dodi Marten mewakili masyarakat.

Dia juga berharap, agar HM. Nurnas bisa tetap bertahan di DPRD Sumbar, tentunya harus didukung oleh masyarakat, sehingga perjuang terhadap masyarakat berlangsung tanpa henti.

“Terus terang soal alsintan ini, saya tidak bisa jalan sendiri meujudkan visi dan misi saya selaku Wali Nagari, untung ada Pak Haji Nurnas yang mau mendengarkan aspirasi petani di daerah kami, Pak Nurnas bagi petani indak ado jariah bapantang buliah, Insya Allah 2024 Pak Nurnas jadi mitra petani selalu,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Jasriman dimana ia memiliki keyakinan, HM. Nurnas tidak akan pernah ingkar dari semua ucapannya, khususnya berkaitan dengan kepentingan masyarakat.

Diperkuat lagi oleh mewakili kelompok Tani,Arsindo yang juga wali korong Kapalo Banda, Kanagarian Aia Tajun, kecamatan Lubuk Alung, dimana mereka siap dan akan selalu konsisten pula mendukung HM. Nurnas untuk tetap bisa berjuang sebagai wakil mereka di DPRD Sumbar.

Kepala UPTD BMSPP mewakili Dinas Perkebunan Hortukultural Sumbar Dede Sri Aulia menyikapi pernyataan penerima dan penyuluh mengatakan, semua usulan dari HM. Nurnas bersih dan rapi, sesuai aturan.

“Semua Pokir Pak HM. Nurnas di dinas kami semuanya celan and clear baik administrasi pengadaan sampai ke penyerahan kepada kelompok tani dan kelompok wanita tani di berbagai nagari sasaran Pokir Pak Nurnas,” ujar Dede.

Sekaitan dengan penyerahan Alsintan, anggota DPRD Sumbar HM. Nurnas mengatakan, ini merupakan penganggaran aspirasi tahun 2023, dan penyerahan langsung diterima ketua kelompok bersangkutan.

“Kita tetap konsisten membantu masyarakat khususnya petani dan nelayan, karena ini merupakan program unggulan pemerintah provinsi Sumatera Barat, guna meningkatkan swasembada pangan, sehingga ketahanan pangan tercapai dan petani semakin makmur, kebanggaan kita juga, alsintan yang kita bagikan saat ini adalah Yanmar,” papar HM. Nurnas.

Ia juga menegaskan, selain Alsintan, pemerintah juga harus konsens pada pengairan persawahan, sehingga hasil produksi lahan pertanian semakin meningkat, dan bisa dirasakan banyak orang.

“Alsintan perlu tapi pengairan dan pupuk juga amat perlu, maka pemerintah harus focus untuk hal ini, sehingga program unggulan bisa terlaksana dan petani merasa nyaman dalam melakukan berbagai aktifitasnya,” tambah Nurnas.

Penyerahan dilakukan dengan cuaca cerah, semua kelompok menerima dengan rasa bahagia.(***)