Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Humas, Bawaslu Sumbar Gelar Rapat Kerja Teknis Tim Website dan Konten Kreator

48
Kordiv Humas, data dan Informasi Bawaslu Sumbar bersama Direktur Media Online Padek.co beserta Kabag Humas, Hukum dan Datin Roza Molina pada kegiatan Rapat Teknis Website dan Konten Kreator,rabu 27/12/23.(foto:dok)

PADANG,92nwws.id – Divisi Humas, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat menggelar rapat kerja teknik tim website dan tim konten kreator, Rabu (27/12/2023).

Rapat tersebut dihadiri oleh satu orang perwakilan Kordiv Bawaslu kabupaten dan kota yang membidangi kehumasan dan ditambah satu staf humas.

Sementara salah satu pemateri yang diundang adalah General Manager Koran Harian Padang Ekspres sekaligus Direktur media online Padek.co, Heri Sugiarto.

Pada kesempatan itu, Heri menyampaikan materi terkait struktur penulisan dalam sebuah pemberitaan yang baik dan menarik untuk di konsumsi publik.

Tujuan kegiatan itu adalah untuk peningkatan kapasitas pengolah humas, baik formatur divisi di bidang kehumasan maupun staf pengelola humas, sehingga bisa membuat berita yang lebih menarik dan layak di konsumsi publik.

“Nantinya berita-berita terkait tugas fungsi pengawasan kerja-kerja Bawaslu yang dilakukan, terinformasi dengan baik ke publik dan bisa dikonsumsi dengan baik,” kata Kabag Hukum, Humas dan Datin, Roza Molina.

Menurutnya, Bawaslu sudah dua kali melaksanakan kegiatan serupa. Kegiatan pertama telah berlangsung pada tanggal 2 Desember 2023 lalu, khusus untuk yang tim website dan tim konten kreator.

“Ini adalah salah satu tugas koordinator divisi, yakni mengkoordinasikan pelaksanaan tugas hubungan masyarakat dan teman-teman di daerah harus paham dengan tugasnya masing-masing,” katanya.

Melalui kegiatan ini juga, kata Roza, unsur pimpinan juga bisa mengarahkan stafnya bisa memproduksi pemberitaan yang layak dikonsumsi masyarakat.

“Kadang-kadang kita membuat berita kurang menarik dan pesan dari berita atau konten itu tidak tersampaikan ke publik,” jelasnya.

Dalam peningkatan kapasitas ini, Bawaslu juga telah mengundang narasumber dari influencer hingga Diskominfotik yang sudah memiliki kerjasama untuk konten-konten pengawasan.

“Nantinya kita minta bantu videotron nya Diskominfotik Provinsi. Ada tiga titik yang akan menayangkan konten pencegahan terkait pengawasan kampanye yang sedang berlangsung,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya video trone ini masyarakat mengetahui informasi terkait pengawasan pemilu langsung, tanpa harus membuka medsos ataupun website Bawaslu.

“Setidaknya bisa memberi edukasi kepada masyarakat tentang pengawasan yang dilakukan di masa kampanye,” pungkasnya.

Sekaitan dengan kegiatan tersebut, Kirdinator Divisi Humas, informasi dan data, Muhammad Khadafi, meminta agar penyebaran informasi berbagai kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu senantiasa dilaksanakan secara cermat.

“Semua divisi, khususnya Humas, Informasi dan data bisa memberikan pencerahan dan pencerdasan pada masyarakat, melalui website, dan medsos milik lembaga serta perorangan, sekaitan dengan tahapan pemilu, khususnya dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu, sehingga tercipta pemilu yang berkualitas dan bermartabat,”tegas Khadafi.

Dia juga meminta, agar menjalin hubungan harmonis dengan mitra, khususnya media massa, sehingga penyiaran informasi berjalan baik, dan masyarakat bisa merasakan.

“Hubungan kemitraan dengan media massa khususnya dan kelompok masyarakat umumnya, harus tetap dijalin, sehingga informasi akan cepata tersalurkan,” pungkas Khadafi. (Bul)