Timsel Buka Pendaftaran Calon Komisioner KPU Kota Padang, Ini Tahapannya

267
Tim seleksi calon Komisioner KPU Kota Padang menyampaikan tahapan seleksi pada jumpa pers yang berlangsung di KPU Sumbar,jum'at 2/2/24.(foto:dok)

PADANG,92news.id — Terhitung, Jumat, 2 Februari sampai 13 Februari 2024, Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang memulai tahapan pendaftaran calon anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029.

“Kita membutuhkan 100 orang pendaftar, artinya 2 kali kebutuhan. Jika jumlah yang mendaftar masih kurang dari 100, maka masa pendaftaran akan diperpanjang sehingga jumlahnya mencukupi sesuai kebutuhan,” ungkap Ulya, sekretaris Timsel, dalam konferensi pers yang digelar di Aula KPU Sumbar, Jumat (2/2/2024) malam.

Dilanjutkan Ulya, pada 22-24 Februari dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi. Kemudian pada 25 Februari sampai 3 Maret dilakukan seleksi tertulis dan tes psikologi bagi yang lolos administrasi. Pada 6-7 Maret 2024, penetapan hasil seleksi tertulis dan tes psikologi.

“Khusus tes psikologi dilakukan oleh tim kesehatan dari TNI Angkatan Darat yang berpusat di Bandung. Kami dari Timsel hanya menerima hasilnya saja,” ungkap Ulya didampingi Anggota Tim Seleksi lainnya, Syaiful Anwar, (Ketua Timsel). Muhammad Taufik (Anggota) Aidil Aulia (Anggota) dan Hariadi (Anggota).

Pada 6-13 Maret 2024 lanjut Ulya, Timsel membuka ruang untuk masukan dan tanggapan masyarakat terhadap 20 nama yang lolos tes tertulis dan tes psikologi, sebelum dilanjutkan ke tes kesehatan.

“Tes kesehatan juga dilakukan tim dari Angkatan Darat. Sedangkan tes wawancara peserta yang lolos 20 besar, dilakukan oleh Timsel. Hasilnya akan ditetapkan pada 17-18 Maret 2023. Setelah itu pada 19-20 Maret, diumumkan hasil 10 besar calon Anggota KPU Kota Padang untuk disampaikan ke KPU RI,” ujar Ulya.

Terkait dengan keterwakilan perempuan untuk komisioner KPU, Ulya menyatakan bahwa Peraturan KPU tidak mewajibkan, tapi hanya mempertimbangkan. Sedangkan soal keterlibatan di partai politik, rentang waktunya maksimal 5 tahun pada saat pendaftaran.

“Tapi kita di Timsel tetap akan memperhatikan keterwakilan perempuan dalam pendaftaran. Namun hasilnya tetap mengacu pada hasil tes yang dilakukan di setiap tahapan,” terang Ulya.
Ditambahkan Ketua Timsel, Syaiful Anwar, Timsel berkomitmen untuk menghadirkan anggota KPU Kota Padang yang berkualitas.

“Karena itu, kami di Timsel akan berupaya terbebas dari berbagai intervensi sehingga seleksi ini menghasilkan anggota KPU Kota Padang yang berkualitas dan berintegritas,” pungkas Suamsul.
Juga terlihat hadir, Kabag Humas KPU Sumbar, Sutrisno dan Kasubag Wandrizen.