Syafrizal Ucok Kukuhkan Kepengurusan LKAAM Kecamatan IV Jurai

26
Ketua LKAAM Pesisir Selatan Syafrizal Ucok menggukuhkan kepengurusan LKAAM Kecamatan IV Jurai,selasa 26/9/23.(foto:dok)

Painan,92news.id — Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, yang dipimpin Hen Arif Boy, SH.MH Dt. Rajo Alam Nan Putiah dikukuhkan di Aula Kantor Camat, di Kawasan Sago Painan, Selasa (26/9/2023).

Hadir dalam pengukuhan ini Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt Rudi Hariyansyah, A.Md.,S.Si., Ketum LKAAM Pesisir Selatan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, Camat IV Jurai Ferro Yuandha Putri, S.STP., Forkopimca, KUA IV Jurai, Ketua LKAAM Kecamatan se-Pesisir Selatan, Ketua KAN se-Kecamatan IV Jurai dan Bundo Kanduang Nagari.

Wabup Rudi Hariyansyah mengucapkan selamat dan menyambut baik pengukuhan LKAAM Kecamatan IV Jurai ini, sehingga kedepannya akan sangat membantu pemerintahan kecamatan dalam urusan di bidang adat.

“Saya minta Camat dapat memfasilitasi LKAAM Kecamatan ini sehingga dapat menjadi mitra kerja yang strategis, tidak saja bagi pemerintahan kecamatan tetapi juga oleh jajaran Polsek dan Koramil,” kata Wabup Rudi Hariyansyah.

Sementara itu Ketua LKAAM Pesisir Selatan Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengatakan, LKAAM adalah organisasi Ninik Mamak dan Pemangku Adat yang dimaksudkan sebagai wadah komunikasi Ninik Mamak dalam upaya melestarikan adat Minangkabau. Pelestarian ini adalah menjaga terlaksananya Adat Basandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabullah dalam masyarakat nagari.

“LKAAM tidak akan mencampuri atau melakukan intervensi terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN). Tetapi LKAAM akan hadir membantu KAN sebagai fasilitator untuk memediasi jika terjadi masalah adat atau sengketa sako jo pusako di nagari. Jadi antara LKAAM dan KAN akan saling menguatkan, bukan saling adu kuat,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, mantan Wabup Pesisir Selatan periode 2005-2010.

Karena para Pengurus LKAAM ini seluruhnya adalah Ninik Mamak dan Urang Ampek Jinih, maka Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengharapkan sikap, cara bicara dan cara bertindak para Pengurus LKAAM harus mencerminkan sikap-sikap Ninik Mamak itu, yaitu sebagai penyejuk dan pendamai.

“Kalau karuah maka pengurus LKAAM nan akan mampajaniah, kusuik nan kamanyalasai serta LKAAM merupakan pilar perdamaian di kecamatan dan nagari,” ujar Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah yang didampingi Sekretaris Ir. Syafri Herfindo Dt. Gamuak.

Selengkapnya Pengurus LKAAM Kecamatan IV Jurai periode 2023-2028 adalah sebagai berikut, Ketua Umum: Hen Arif Boy, SH.MH Dt. Rajo Alam Nan Putiah, Wakil Ketua: Ali Suhur Boy, SH Dt. Bandaro Jambak, Sekretaris Umum: Zendrizal Dt. Putiah, Wakil Sekretaris; Drs. H. Zainal Dt. Rajo Mato dan Bendahara; Harlindo Azhar Dt. Rajo Alam.

Seksi Organisasi, Kewarisan, Keanggotaan; H. Muchtar Dt. Rangkayo Sati, Iswandi Panungkek Dt. Rajo Batuah dan Masrijon Koto, S.Ag Panungkek Dt. Bandaro Mudo.

Seksi Penyelesaian Sako jo Pusako; Amril Syam Dt. Rangkayo Basa, Alwirdanto Panungkek Dt. Rajo Alam Nan Putiah dan Sawirman, S.Pd. Manti Dt. Kayo.

Seksi Pemberdayaan Tanah Ulayat: Vivri Andri Dt. Putiah, Aurizal Manti Dt. Rajo Alam Nan Putiah, Sabarudin Panungkek Dt. Sari Marajo dan Suib Tanjung, SH Imam Mangkudun.

Seksi Kepemudaan, Seni dan Permainan Anak Nagari; Riwayanto, ST Dt. Rajo Nan Sati, Afrizal Manti Dt. Bandaro Jambak, Afrizal Panungkek Dt. Nan Batuah dan Rahmadona Imam Peto Kayo. (*)