Sosialisasi di Tapan, Masyarakat Titipkan Harapan Kepada Syafrizal Ucok

19
Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah menyapa tokoh-tokoh, Ninik Mamak dan Bundo Kanduang bertempat di Kampung Kegentingan, Nagari Batang Arah, Rabu 20/9/23.(foto:dok)

Tapan,92news.id — Dalam sosialisasi di Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai (Pesisir Selatan), Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah menyapa tokoh-tokoh, Ninik Mamak dan Bundo Kanduang bertempat di Kampung Kegentingan, Nagari Batang Arah, Rabu (20/9/2023) malam.

Dalam pertemuan ini, masyarakat menyampaikan harapan kepada Syafrizal Ucok untuk memperjuangkan pembangunan infrastruktur berupa lanjutan normalisasi Batang Tapan yang selalu mengancam pemukiman penduduk.

“Jika Pak Syafrizal Ucok diamanahkan Allah SWT menjadi Anggota DPRD Sumbar maka kami sangat berharap lanjutan normalisasi Batang Tapan hingga tuntas. Karena setiap musim hujan badan sungai terus tergerus dan mengancam rumah kami,” kata tokoh adat Tapan, Pamangku Bustami.

Selain mengancam perumahan masyarakat di Kampung Kegentingan Nagari Batang Arah Tapan, sungai terbesar di Basa Ampek Balai ini sering meluap jika musim hujan tiba, sehingga Tapan dilanda banjir.

“Kami masyarakat Tapan sudah bersepakat untuk bersatu memberikan suara kepada Pak Syafrizal Ucok pada Pemilu 2024 nanti, sehingga menjadi wakil rakyat Pesisir Selatan di DPRD Provinsi Sumbar. Kami butuh wakil rakyat yang mampu berjuang,” kata Pamangku Bustami terus terang.

Bak gayung bersambut, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengaku dirinya maju sebagai Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar memang untuk mengabdikan diri sebagai wakil rakyat Pesisir Selatan di tingkat provinsi, berjuang terhadap normalisasi sungai-sungai yang ada di Pesisir Selatan seperti Batang Tapan, Batang Bayang, Batang Panamban dan Batang Salido.

“Sungai yang ada di Pesisir Selatan adalah kewenangan provinsi, sehingga kewajiban Anggota DPRD Sumbar berjuang untuk normalisasinya. Karena selama ini perjuangan Anggota DPRD itu tidak maksimal, maka saya bertekad untuk mewujudkan harapan masyarakat Pesisir Selatan ini,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang sehari-hari adalah Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan.

Batang Tapan ini sudah ada bagian yang dinormalisasi oleh APBN, namun masih ada yang belum seperti yang berada di Kampung Kegentingan, Nagari Batang Arah Tapan.

Selain perjuangan untuk infrastruktur berupa normalisasi sungai, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah juga akan berjuang untuk infrastruktur jalan dan jembatan. Tentunya tidak melupakan perjuangan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dan perbaikan nasib petani dan nelayan.

Pertemuan silaturrahmi di Kampung Kegentingan ini dihadiri oleh lebih 100 orang tokoh masyarakat yang terdiri dari Ninik Mamak, Ulama, Pengusaha, Bundo Kanduang dan Pemuda. Mereka semua sepakat mendukung Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah menuju kursi DPRD Provinsi Sumbar. (*)