Reses Ketua DPRD Sumbar, Masyarakat Nagari Durian Tinggi Minta Perbaikan Jalan Provinsi

35
Ketua DPRD Sumbar Supardi pada kegiatan reses peroanganan anggota DPRD Sumbar, di nagari durian tinggi, kecamatan kapur IX kabupaten Limapuluh kota, Kamis, 25/01/24.(foto:dok)

Limapuluh Kota,92news.id – Reses anggota DPRD Provinsi Sumbar adalah untuk menyerap, menjaring dan menghimpun aspirasi masyarakat/ konstituen berupa pengaduan, penyampaian informasi dari masyarakat sebagai upaya kemajuan pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar supardi pada kegiatan reses peroanganan anggota DPRD Sumbar, di nagari durian tinggi, kecamatan kapur IX kabupaten Limapuluh kota, Kamis, (25/01/2024).

Ketua DPRD Sumbar juga mengatakan reses anggota DPRD ini adalah wadah yang dimiliki oleh sesorang anggota DPRD untuk dapat bertatap muka secara langsung serta dapat menindaklanjuti aspirasi masyarakat sesuai dengan kewenangan anggota DPRD juga sebagai bentuk pertanggung jawaban moral dan politis kepada konstituen daerah pemilihannya.

“Aspirasi yang dihimpun akan diperjuangkan dengan ruang lingkup pembangunan daerah dalam APBD dan sesuai kewenangan pemerintah provinsi Sumatera Barat,” ujar Supardi.

Supardi juga tegaskan beberapa masukan masyarakat seperti pembangunan jalan usaha tani, bantuan bibit dan bantuan alat traktor akan diusahakan dalam penyusunan RKPD yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024 mendatang.

“Insya Allah aspirasi masyarakat ini akan kita proses berdasarkan proposal usulan dari walinagari pada anggaran perubahan 2024 ini, ungkap Supardi.

Wali Nagari Durian Tinggi meminta agar pembangunan jalan provinsi yang berada di kenagarian Sialang dapat di perbaiki, serta normalisasi sungai kapur sembilan yang sering di landa banjir.

“Selain itu masyarakat Nagari Durian Tinggi banyak juga hidup dalam UMKM dan ini perlu menjadi perhatian pemerintah kabupaten dan provinsi bagaimana ini dapat menopang kehidupan masyarakat di nagari durian tinggi” harapnya.

Sejalan dengan Kepala cabang Bank Nagari Kota Payakumbuh Afrizon,SE, juga mengatakan dalam mendukung peningkatan kesejahteraan UMKM masyrakat, pemerintah pusat melalui bank nagari mempunyai program KUR (kredit usaha rakyat) dengan bunga yang sangat kecil dan tanpa agunan.

“Program ini bisa di manfataakan oleh masyarakat untuk menambah modal. Usaha dalam upaya pengembangan usaha itu sendiri. Namun juga mesti dengan syarat yang telah d tentukan,” pintanya.

Dalam reses perorangan ini Ketua DPRD Supardi ini dihadiri lebih kurang 200 orang masyarakat nagari Durian Tinggi.