Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Sumatera Barat ke-78 Berlansung Semarak

20
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat memimpin sidang paripurna istemewa dalam rangka Hari Jadi Sumatera Barat, minggu 1/10/23.(foto:dok)

92news.id — Rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat dalam rangka Hari Jadi Sumatera Barat ke-78 berlangsung semarak.

Rapat paripurna dengan thema “Sumbar Terus Maju Menuju Sejahtera” itu berlansung diruang sidang utama kantor DPRD Sumbar, Minggu pagi (01/10/2023).

Ketua DPRD Sumbar Supardi selaku pimpinan rapat tersebut tampak gagah mengenakan pakaian adat Minangkabau berwarna merah dipadu dengan warna emas. Begitu pula wakil ketua Irsyad Safar, Suwirpen Suib, Sekretaris DPRD Sumbar Raflis dan seluruh anggota DPRD Sumbar yang hadir.

Ketua DPRD Sumbar berpakaian adat bersama Gubernur Sumbar beserta tamu undangan lainnya.(foto:dok)

Rapat paripurna istimewa itu juga menghadirkan narasumber dari Dosen Universitas Indonesia (UI) yang juga mantan Dirjen Otda Kemendagri, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan.

Tampak hadir Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, Emma Yohanna, Muslim M Yatim, Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni dan para tokoh Sumatera Barat lainnya.

Ketua DPRD Sumbar Supardi katakan, Tanggal 1 Oktober 1945, merupakan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat sebagai kesatuan masyarakat dan daerah dalam kerangka NKRI.

Gubernur Sumbar Mahyeldy memitong kue didampingi Ketua DPRD dan tamu undangan.(foto:dok)

“Penetapan tanggal 1 Oktober 1945, tentu tidak mengurangi makna dan eksistensi daerah Sumatera Barat yang telah ada jauh sebelum penetapan Hari Jadi tersebut,” ujar Supardi.

Dalam kesempatan itu Supardi juga mencoba mengingatkan kembali sambutan sejumlah tokoh nasional yang pernah hadir pada peringatan hari jadi Sumbar pada tahun-tahun sebelumnya diantaranya, Mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla, Buya Syafii Maarif dan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri.

“Tokoh-tokoh tersebut pernah menjadi narasumber di Hari Jadi Sumbar pada tahun-tahun sebelumnya dan perlu kita renungkan kembali untuk dapat menjadi arah dan gambaran mencapai Sumbar Terus Maju Menuju Sejahtera,” ungkap Supardi.

Ketua DPRD memberikan kue kepada Danlantamal Teluk Bayur.(foto:dok)

Supardi berharap, peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke 78 Tahun 2023 ini menjadi momentum untuk bangkit dan mengejar ketinggalan-ketinggalan yang dialami.

“Mari kita jadikan semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Jadi Sumatera Barat ke-78 ini sebagai sumber motivasi dan sumber inovasi, untuk membangun daerah dan masyarakat Sumatera Barat dan kita bulatkan tekad serta semangat kebersamaan, kegotong-royongan yang merupakan ciri khas masyarakat Sumatera Barat, untuk mewujudkan Sumbar Terus Maju menuju Sejahtera,” harap Supardi.

Wakil Ketua DPRD Suwirpen Suib ikut memotong kue disaksikan Ketua DPRD,Wakil Gubernuk dan unsur pimpinan lainnya.(foto:dok)

Dalam kesempatan itu juga dilakukan beberapa kegiatan seperti melaksanakan launching 5 inovasi baru DPRD Sumbar diantaranya, Podcast Asik DPRD Sumbar, Buntal Asik, Agenda Asik, dan penandatanganan kerjasama antara DPRD Sumbar dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Inovasi baru ini merupakan upaya meningkatkan pelayanan kesekretariatan DPRD Sumbar dalam mewujudkan DPRD Sumbar yang tidak saja hanya menyiapkan legislasi bagi masyarakat namun juga sebagai sarana mewujudkan edukasi literasi kepada semua orang sehingga DPRD Sumbar dapat ikut serta memberikan dukungan dan dorongan untuk melahirkan orang-orang cerdas,” terang Supardi.

Ketua DPRD memberikan penghargaan.(foto:dok)

Berbagai penghargaan diantaranya Penilaian Kerapatan Adat Nagari Terbaik Tahun 2023, Penghargaan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 dan Tokoh Anak Inspiratif.

Pelaksanaan Stand pameran Braja Sakti yang merupakan kerjasama SMK 2, SMK 4 dan SMK 8 Padang yang disponsosori oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Penampilan SMA 2 Payakumbuh sebagai Pemenang Lomba Lagu Mars Sumatera Barat yang dilaksanakan oleh Jaringan Pimpinan Redaksi Sumbar serta diiiringi dengan puisi hari jadi.

Metya DPRD Supardi saat melakukan pemotongan kue.(foto:dok)

Pelepasan Beras Murah yang disponsori oleh Bulog bersama Dinas pangan Provinsi Sumbar dalam rangka menyediakan kebutuhan beras masyarakat dengan harga terjangkau.

“Kita tidak bisa melihat Sumatera Barat seutuhnya dengan segala permasalahan dan potensinya. Untuk itu, pada setiap Rapat paripurna ini kami selalu mengundang tokoh yang akan memberikan sambutan baik berupa selayang pandang, masukan maupun kritikan yang bersifat membangun guna pengembangan Sumatera Barat ke depan,” ujar Supardi.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan atas kolaborasi bersama dengan seluruh pihak dalam merealisasikan visi daerah “Menjadi Provinsi Terkemuka Berbasis Sumber Daya Manusia yang Agamais pada Tahun 2025” kinerja Pemprov Sumbar berhasil mendapatkan respon positif dan segudang perhargaan dari Pemerintah Pusat.

“Di Hari Jadi Sumbar ke-78 ini, izinkan kami menyampaikan sejumlah keberhasilan Pemprov yang mendapat apresiasi langsung dari Pemerintah Pusat, baik Presiden langsung maupun dari kementerian/lembaga,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Jadi Sumbar ke-78 di DPRD setempat.

Gubernur Mahyeldi merinci beberapa dari penghargaan tersebut diantaranya, penghargaan atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-11 kali secara berturut-turut. Ini merupakan bukti akan baiknya pengelolaan
keuangan pemerintah daerah.

Kemudian ia juga menyebut, pada tahun ini Gubernur dan Wakil Gubernur secara bersamaan juga menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI. Hal tersebut juga merupakan bukti kesungguhan Pemprov Sumbar dalam bidang pertanian.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga mendapat peringkat 3 Nasional dalam Penerapan Standar Pelayanan Minimal Award (SPM Award) dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai bukti keberpihakan pihaknya kepada masyarakat miskin dan sekaligus wujud optimalisasi pemerataan pelayanan dasar di Sumbar.

“Provinsi Sumatera Barat kemudian juga telah berhasil mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai bukti tingginya komitmen Pemprov Sumbar dalam melahirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelayanan terhadap masyarakat,” pungkas gubernur Mahyeldi.(**/adv)