PPID se Tanah Datar Canangkan Kabupaten Informatif

20

Tanah Datar,92news.id — Bupati Tanah Datar Eka Putra melalui Dinas Kominfo nya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola dan Dokumentasi PPID ( Kabupaten Tanah Datar).

“Rakor ini penting karena jadi forum penyamaan persepsi dan aksi bersama untuk menjadi Tanah Datar Kabupaten Informatif, gelar tertinggi Keterbukaan Informaso Publik lewat Rakor ini Insya Allah 2024 ini diraih,”ujar Kadis Kominfotik Pemkab Tanah Datar Yusrizal, Rabu 6/9-2023 di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

Rakor dihadiri PPID perangkat daerah dan Pemerintahan Nagari se Tanah Datar. Rakor menghadirkan narasumber yang expert di bidang nya. Arief Yumardi (Wakil Ketua Komisi Informasi Sumbar) dan Indra Sukma (Kabid IKP Diskominfotik Sumbar).

Staf Ahli Bupati Tanah Datar bidang Pembangunan dan Ekonomi Thamrin mewakili Eka Putra pada Pembukaan Rakor PPID se Tanah Datar mengatakan keterbukaan informasi publik adalah ciri penting dari negara demokratis.

“UU KIP regulasi penting untuk memenuhi hak informasi publik setiap warga negara. Bukti badan publik taat pada UU KIP mengelola informasi publik yang di UU diamanahkan kepada PPID,*ujar Tamrin membacakan sambutan tertulis Bupati Tanah Datar.

PPID harus mengelola dan menyediakan informasi publik berdasarkan UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Dan Bupati Tanah Datar punya Peraturan Bupati tentang pengelolaan informasi publik di Pemerintahan Tanah Datar sebagai ketaatan asas kami dalam melaksanakan UU 14 Tahun 2008, semangat ya semua informasi di Pemkab Tanah Datar terbuka, kecuali informasi yang dikecualikan berdasarkan UU KIP,”ujar Tamrin. (***)