Politisi tak Kenal Takut, HM Tauhid Ungkap Berdebat dengan Mendagri

17
HM. Tauhid berikan sambutan pada pembukaan kontor barunya di jalan ampalu raya penggambiran, sabtu 30/9/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Kenal HM Tauhid, 2009-2014 pernah menjadi Anggota DPRD Sumbar, meski pebisnis bidang bongkar muat sukses di pelabuhan Teluk Bayur, dalam kancah politik terkenal bagak.

Saat peresmian Kantor PBM PT TJU di Ampalu Pengambiran Padang mengungkap bagaknya dalam memperjuangkan keinginan rakyat.

Bahkan dengan Mendagri Gamawan Fauzi waktu itu, HM Tauhid sempat berdebat keras.

“Pak Tauhid tugas DPRD Provinsi itu infrastruktur antar dua daerah di provinsinya, itu kata Pak Gamawan waktu itu,”ujar HM Tauhid ungkap cerita lama, Sabtu 30/9-2023.

HM Tauhid tidak mau menerima saja, dia pun mendebat Mendagri Gamawan.

“Pak Menteri, jalan di Sumbar yang melibatkan dua daerah itu jalan nasional tanggungjawabnya itu APBN pak, terus kalau pak menteri sampaikan seperti itu tidak ada gunanya DPRD, bubarkan saja pak,”ujar HM Tauhid

Keras HM Tauhid berangkat dari aspirasi konstituennya waktu itu, masak sebagai wakil rakyat tidak bisa menyuarakan dan membantu jembatan rusak yang menghubungi dua kampung.

“Terus ngapain aja wakil rakyat kalau setelah disampaikan lalu disampaikan ke pihak yang berwenang atas infrastruktur jembatan itu seperti bupati dan walikota, apa itu fungsi wakil rakyat DPRD Provinsi?,”ujar HM Tauhid.

HM Tauhid kata wartawan aliran keras Sumbar yang juga Koordinator Wartawan Parlemen DPRD Sumbar, Novrianto mengungkap kalau HM Tauhid adalah politisi santun.

“Saya tidak maju Caleg DPRD Sumbar, karena Bang HM Tauhid maju Caleg Provinsi pula, karena saya tahu HM Tauhid jadi DPRD Sumbar beliau tidak akan cawe-cawe untuk urusan pribadi. Insya Allah Bang HM Tauhid jadi dewan, total beliau untuk masyarakat,”ujar Novrianto.

Jadi soal berdebat dengan Mendagri Gamawan waktu itu, Ucok biasa Novrianto disapa tidak meragukan lagi.

“Ya dan itu benar adanya, saya yakin itu. Kalau HM Tauhid berintis bisnis dari tukang sapu pelabuha, tukang jahir karing pupuk robet sampai seperti ini, beliu ulet menekuninya. Dan saat jadi politisi, Bang HM Tauhid ini sosok santun dan sangat aspiratif,”ujar Ucok. (***)