Plt Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung Bergerak Cepat, Gelar Musda Akhir November

23
PlT LKAAM Kab. Sijunjung Syafrizal Ucok rapat bersama pengurus untuk mempersiapkan Musda LKAAM di wilayah tersebut, jum'at 17/11/23.(foto:dok)

Sijunjung,92news.id — Kepastian Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Sijunjung yang definitif segera akan terwujud, karena gerak cepat yang dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah.

Begitu mendapat tugas sebagai Plt Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah langsung menggelar pertemuan silaturrahmi dan meminta masukan dari Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Ketua LKAAM Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung di Aula Dinas Pendidikan Sijunjung, Jum’at (17/11/2023).

Dalam kesempatan itu, dilakukan perkenalan Plt Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah dengan perangkatnya yaitu Dr. Amril Amir, M.Pd Dt Lelo Basa, Azhar Nuri Dt Rajo Nan Putiah dan Sidi Gusfen Khairul.

“Tugas pokok kami sebagai Plt adalah menyelenggarakan Musda LKAAM Kabupaten Sijunjung, tentunya terlebih dahulu harus menyiapkan Pengurus LKAAM Kecamatan yang periodenya telah habis,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang sehari-hari adalah Waketum 1 LKAAM Provinsi Sumbar.

Ada empat kecamatan yang kepengurusannya sudah berakhir, yaitu Kupitan, Tanjung Gadang, Kamang Baru dan Koto VII. Sedangkan satu kecamatan yaitu IV Nagari dalam verifikasi pengurus untuk selanjutnya dilakukan pelantikan.

Untuk tiga kecamatan lainnya, Pengurus LKAAM kecamatannya masih aktif dan dapat mengikuti Musda nanti yaitu Kecamatan Sumpur Kudus, Kecamatan Sijunjung dan Kecamatan Lubuk Tarok.

Untuk KAN yang nantinya akan mengikuti Musda LKAAM Kabupaten Sijunjung mengacu kepada Perda No.13 tahun 1983 yaitu sebanyak 46 KAN yang terdapat di 8 kecamatan yang ada.

Seusai melakukan pertemuan silaturrahmi dengan KAN dan LKAAM Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung, Plt Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung mengadakan silaturrahmi kepada Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung periode 2017-2022 yaitu Epi Radisman, SH.MH Dt. Panduko Alam di kediamannya di kawasan Gambok, Sijunjung.

Dalam pertemuan itu, Epi Radisman Dt. Panduko Alam menyatakan dukungan terhadap Plt Ketua LKAAM dan akan membantu dengan dokumen dari Pengurus LKAAM Kecamatan yang telah ada dan masih aktif periodenya.

Menjelang tengah malam, Plt Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah menemui Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP.,M.Si meminta dukungan dan fasilitasi untuk kelancaran Musda LKAAM Kabupaten Sijunjung tahun 2023 ini.

“Bapak Bupati Sijunjung sangat mendukung penyelenggaraan Musda LKAAM sehingga menghasilkan Pengurus LKAAM Kabupaten Sijunjung yang definitif. Karena dalam APBD Tahun 2024 mendatang akan ada bantuan untuk LKAAM dan insentif untuk Ninik Mamak, yang memerlukan adanya kepengurusan LKAAM Kabupaten Sijunjung yang merupakan hasil Musda,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah.

Direncanakan penyelenggaraan Musda LKAAM Kabupaten Sijunjung akan berlangsung pada akhir November 2023 ini, untuk tanggal pastinya sedang dicari kecocokan waktu antara Ketum LKAAM Sumbar Dr. Fauzi Bahar, M.Si Dt. Nan Sati dengan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. (*)