Pertamina Peduli Salurkan Bantuan bagi Korban Bencana Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

78
Bantyan korban banjir lahar dingin di agam diserahkan langsung oleh Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Freddy Anwar kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti, Minggu 7/4/24.(foto:dok)

Agam,92news.id – Bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar) pada 5 April 2024, langsung direspon cepat ol diserahkan eh Pertamina Patra Niaga melalui Program Pertamina Peduli dengan menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak.Bantuan ini diserahkan langsung oleh Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Freddy Anwar kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti, Minggu (7/4).

Freddy mengatakan, respon cepat yang diberikan oleh Pertamina ini merupakan bentuk Pertamina hadir untuk masyarakat sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat. “Kami turut prihatin atas bencana banjir lahar dingin ini. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak,” kata Freddy.

Adapun bantuan yang diberikan berupa puluhan paket sembako dan Bright Gas untuk mendukung penyediaan makanan serta dapur umum bagi korban terdampak di posko pengungsian.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Agam, Edi Busti yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Agam mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pertamina Patra Niaga. “Atas nama Bapak Bupati Agam dan seluruh masyarakat terdampak bencana lahar dingin di daerah sekitar Gunung Marapi, kami haturkan terima kasih atas kepedulian Pertamina Sumbagut dan jajaran,” kata Edi Busti di Posko Utama bencana SDN 08 Simpang Bukik Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang.

Menurut Freddy, begitu mendapat kabar adanya bencana banjir lahar dingin, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mengaktifkan skema alternatif distribusi BBM untuk memastikan kebutuhan BBM di wilayah terdampak dapat tetap terpenuhi. Sehingga, dengan pola ini, BBM yang biasanya dipasok dari Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung, Kota Padang untuk beberapa daerah tetangga lokasi bencana seperti Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, langsung dikirim dari Fuel Terminal Sei Siak, Riau.

“Berdasarkan koordinasi yang dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan BBM di wilayah Lima Puluh Kota dan Payakumbuh kami telah mengaktifkan skema alternatif, dimana sebelumnya dipasok melalui IT Teluk Kabung, akan dialihkan dengan pasokan dari Fuel FT Sei Siak,” jelasnya.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Sales Area Manager (SAM) Pertamina Patra Niaga Sumbar Narotama Aulia Fazri, Perwira Pertamina, Pengurus dan Anggota Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas).

Dalam kesempatan itu, Freddy bersama SAM, para Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Patra Niaga di Sumbar serta Hiswana Migas, juga melakukan pemantauan kondisi arus mudik lebaran. Ia juga melakukan pemantauan menyeluruh mulai dari operasional SPBU, melakukan quality control terhadap volume dan kualitas BBM seperti uji tera untuk memastikan BBM yang disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan standar kualitas dan kuantitas.

“Bapak EGM, mengunjungi Serambi Mypertamina yang berlokasi di SPBU 13.255.522 Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman. Total jumlah posko Satgas Serambi MyPertamina di Sumbar ada tiga, sisanya di Limapuluh Kota dan Dharmasraya,” kata SAM Pertamina Patra Niaga Sumbar, Narotama.

Menurut Narotama, Posko Satgas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) Mypertamina ini akan melayani seluruh pemudik dan pengguna arus balik. Ada beberapa fasilitas disiapkan, termasuk sarana medis dan ambulance gratis.

Selain itu, Freddy juga melakukan pengecekan jalur one way Padang – Bukittinggi melalui Padang Panjang dan Bukittinggi – Padang melalui Malalak yang berlaku pada 7 – 9 April. Kemudian, jalur Padang – Bukittinggi melalui Malalak, Bukittinggi – Padang melalui Padang Panjang yang berlaku 11 – 15 April 2024.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyatakan bahwa Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen untuk mengoptimalkan ketahanan stok dan kelancaran distribusi BBM, LPG dan Avtur untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat serta mengantisipasi peningkatan konsumsi selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

“Selain dengan meningkatkan keandalan sarana dan prasarana di seluruh operasional serta memastikan aspek keselamatan dan HSSE, kami juga terus memastikan ketersediaan stok dan distribusi BBM dan LPG melalui monitoring _real time_ harian, serta meningkatkan pelayanan di SPBU dan Agen serta Pangkalan LPG di seluruh wilayah” ujar Irto.

Bagi masyarakat maupun konsumen yang membutuhkan informasi seputar produk dan layanan dari Pertamina, dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135 atau melalui aplikasi MyPertamina dan website www.pertamina.com.