Pertama Kalinya Event World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Sumbar

20
Kadis Kominfotik Sumbar Siti Aisyah bersama Panitia WIES 2023 saat konfrensi pers terkait persiapan acara yang akan digelar 6-9 September 2023, jum'at 1/9/23.(foto:dok)

PADANG,92news.id — Sumatra Barat sebagai tuan rumah World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 dalam visi menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

10 Negara pelaku asosiasi akan hadir dalam forum Event World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 nanti ,Yaitu.Jepang, Australia, Spanyol, Kuwait , Malaysia, Vietnam, Thailand, Chile, Brunei Darussalam dan Indonesia.

Event World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023.akan berlangsung pada 6-9 September 2023 di Pangeran Beach Hotel Padang.” Hal itu dikatakan Kadis Kominfotik Sumbar Ir. Siti Aisyah M. Si, Kadis pariwisata Sumbar Luhur Budianda dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumbar Sari Lenggogeni saat konferensi pers, pada jumat 1 September 2023 di Kominfotik Sumbar.

Jadi, WIES merupakan gerakan global untuk mendorong pemberdayaan ekonomi  dunia yang fokus pada wilayah Islam. Selanjutnya tujuan dari WIES itu sendiri menurut Luhur adalah untuk mengurangi kesenjangan ekonomi, dam membuka peluang usaha kewirausahaan dengan harapan akan lahir intrepreneur -intrepreneur muda dari Sumbar,katanya.

Disamping itu juga akan menambah tingkat kunjungan wisatawan dan mancanegara ke Sumbar ivent ini menjadi motivasi bagi masyarakat, generasi muda, ibuk -ibuk di Sumatera Barat dan sebagai wujud penguatan  posisi Sumbar yang telah menetapkan daerahnya sebagai destinasi Pariwisata halal dunia, ” kata Luhur.

“Dan InsyaAllah nantinya ivent ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI H. Ma’ruf Amin., ” ujarnya.

Dia katakan, kegiatan ini adalah kolaborasi dengan pemerintah pusat( Kemenparekraf) dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumatra Barat. Katanya lagi.

Di kesempatan yang sama, Kadis Kominfotik Provinsi Sumbar Siti Aisyah, berharap mohon dukungan dan partisipasi aktif semua lapisan masyarakat dan pihak terkait agar acara tingkat dunia yang baru pertama kali digelar di Sumbar ini dapat berjalan lancar,dan bila ini terwujud kita juga berharap agar acara ini dapat di gelar setiap tahun,sehingga upaya kita menjadikan sumbar sebagai destinasi pariwisata Halal dunia dapat terwujud,kata Kadis Diskominfotiik Siti Aisyah

Ketua BPPD Sumbar Sari Lenggogeni, mengatakan WIES sendiri mengangkat tema “Fostering Islamic Economic Growth Through Muslim Preneurship in Digital Transformation Era”, dan diharapkan dapat menciptakan kolaborasi antara pemerintah dengan pengusaha agar mampu memperkuat jejaring dan ekosistem bisnis, pariwisata, dan UMKM halal yang inovatif . ” ujar Sari Lenggogeni.

Dengan memaksimalkan kolaborasi dengan negara Islam dan daerah destinasi ramah muslim, maka forum ini sangat tepat untuk menjalin kerja sama antara negara muslim dengan Youth Business Muslimpreneur Forum and Woman Muslimpreneur.

“Global Muslimpreneur Forum dapat menjadikan Indonesia sebagai centre of excellent muslimpreneur, dan untuk menjadikan Sumatra Barat sebagai salah satu destinasi MICE berkelas dunia,” ujarnya

Lanjut, Sari Lenggogeni, katakan acara WIES tersebut tak lain ,Diskusi Panel tentang upaya merangkul teknologi Otomasi dan ekonomi Inkluasif, peluang Digital Pariwisata rumah Muslim, Membangun daya trik halal di pasar Global, Merangkul kesetaraan Gender melalui Inklusi Digital, Menyongsong Peluang bisnis di industri Kreatif dan Halal serta Dialog membangun ekonomi Inklusif di era Polaritas,” ucap Sari.