Pertama di Kota Padang, Kelurahan Kampung Lapai Laksanakan Program Wakuncar

63
Ketua LPM Kampung Lapai Sonny Affandi saat menemani Dinas P3AP2KB Kota Padang melaksanakan Program Wakuncar di Kelurahan Kampung Lapai,jum'at 22/9/23.(foto:dok)

PADANG,92news.id — Dinas P3AP2KB Kota Padang melaksanakan Program Wakuncar (Waktu Kunjungan Pasangan Usia Subur, Balita Stunting, Cantin, dan Remaja) ke Kampung KB, kelurahan Kampung Lapai, Kec. Nanggalo Kota Padang.

“Kelurahan Kampung Lapai merupakan kelurahan pertama di Kota Padang yang telah melaksanakan Program Wakuncar. Program ini memiliki banyak dampak positif pada masyarakat, khususnya untuk pasangan usia subur, balita stunting dan lainnya,” ungkap Andi Amir, SH.MH, Kabid Dalduk pada DP3AP2KB kota Padang, di sela-sela kunjungannya, Kamis (21/9/2023).

Saat kunjungan, Andi Amir dampingi Ketua LPM Kampung Lapai, Sonny Affandi, ST, Lurah Wahyudi Edwar dan anggota kelompok dasawisma dan pengurus LPM Kelurahan Kampung Lapai.

Dikatakan, Andi Amir , selain pihak Kelurahan dan LPM, kunjungan ke rumah anak terindikasi stunting ini juga melibatkan Puskesmas, penyuluh KB dan ahli gizi. Di sana dilakukan pemeriksaan, penimbangan, mengujlkur tinggi dan pemberian makanan bergizi.

“Program ini sangat luar biasa. Kelurahan Kampung Lapai merupakan kelurahan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Padang,” jelas Andi Amir.

Dalam program ini, pemerintah melibatkan masyarakat, sehingga dalam pelaksanaannya dapat memberikan edukasi-edukasi bagi ibu-ibu selama proses kehamilan hingga melahirkan agar nantinya anak yang dilahirkan bisa tumbuh normal dan sehat.

“Masyarakat perlu diberi pengetahuan bagaimana menumbuhkembangkan anak-anak, termasuk secara rutin membawa ke posyandu sehingga bisa bebas dari stunting,” ucap Andi Amir.

Sementara itu Ketua LPM Kampung Lapai, Sonny Affandi mengatakan bahwa Kelurahan Kampung Lapai bersama LPM, jauh-jauh hari telah membuat dapur gizi dengan sasaran utama memberikan makanan tambahan bergizi bagi ibu-ibu hamil dan anak terindikasi atunting.

“Program ini secara rutin telah berjalan, dengan nama Dasyat. Bahkan dari yang kita lakukan, hingga saat ini anak terindikasi stunting di Kelurahan Kampung Lapai sudah berkurang,” jelas Sonny. (ms)