Paparkan Beberapa Inovasi, Kelurahan Berok Nipah Bersaing Menjadi Terbaik Tingkat Kota Padang

24
Lurah Berok Nipah Bayu Indra Zainal, S.A.P saat memaparkan profile kelurahan dihadapan tim juri dan didampingi Sekcam Padang Barat,Kasi PM Kelurahan pada penilaian kelurahan berprestasi tingkat kota padang, jum'at 5/05/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Kelurahan Berok Nipah menjadi salah satu kelurahan pada perlombaan Kelurahan berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2023.

Lurah Berok Nipah Bayu Indra Zainal, S.A.P memaparkan beberapa inovasi yang dilakukan dalam melayani masyarakat dan juga pembangunan yang ada di Kelurahan yang dipimpinnya dihadapan para tim juri pada jum’at siang 5/05/23.

“Alhamdulillah Kelurahan kami masuk dalam nominasi Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Padang tahun ini, semoga harapan kami dari kelurahan dan juga masyarakat Berok Nipah bisa terujudkan untuk menjadi Kelurahan Terbaik di Kota Padang,” ujar Bayu disaat memulai presentasi dihadapan tim juri yang berjumlah 11 orang tersebut.

Dalam pemaparannya, bayu menyampaikan beberapa inovasi yang dilakukan di kelurahan berok nipah. Adapun inovasi tersebut seperti ” Bakumpia Mangopi Inspirasi” (bamain). Inovasi ini dilakukan bersama dengan LPM, Karang Taruna beserta masyarakat. Outpun dari inovasi ini diharapkan dapat mengangkat nama Kelurahan Berok Nipah.

“Dengan “Bamain” ini muncul ide-ide yang rasanya masuk akal dan bisa dilaksanakan. Alhamdulillah, akhir tahun 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober bersama Karang Taruna menggelar acara Alek Nagari dan untuk tahun depan merupakan salah satu kegiatan pada kalender pariwisata Kota Padang,” ujar Bayu lagi.

Kemudian “Mangopi”. Mangopi itu adalah “Mari Ngobrol Perkara Iman”. Kegiatan ini dilakukan untuk semua kalangan, yang kegiatannya dilakukan di masjid yang ada dikelurahan tersebut. Dengan mendatangkan ustad untuk memberikan tausiah. Kegiatan ini dilakukan 2 kali dalam sebulan.

Inovasi lainnya adalah, “Bernip Ceting”. Bernip ceting itu sendiri adalah Berok Nipah Cegah Stanting. Ide ini muncul karena dikelurahan ternyata ada pasien stanting, maka dari itu TP PKK bersama kader yandu membuat kegiatan untuk memberikan asupan gizi kepada pasien selama 12 hari dan dilanjutkan dihari berikutnya melalui bapak asuh yang siap membantu kegiatan ini.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan selama bertugas di Kelurahan Berok Nipah ini banyak hal yang telah dilakukan dan itu tidak lepas dari peran LPM, tokoh masyarakat, Karang Taruna dan lembaga lain yang ada dikelurahan.

“Alhamdulilla kami bekerja didukung oleh lembaga yang ada seperti LPM, LPS, Karang Taruna dan yang pasti Para Tokoh Masyarakat yang berpikiran maju dalam pembangunan kelurahan ini, tutup Bayu pada presentasi yang disampaikannya.

Sementara itu Camat Padang Barat Junie Nursyamza juga mengatakan bahwa kegiatan seperti alek nagari itu adalah murni dari swadaya masyarakat dan juga dalam pencegahan stanting para bapak asuh terus memberikan donasinya untuk kebutuhan gizi pasien.

“Kepedulian masyarakat Berok Nipah cukup besar dalam menunjang setiap kegiatan yang dilakukan, seperti alek nagari kemarin ini yang murni dananya dari swadaya masyarakat. Begitu juga para bapak asuh stanting yang terus memberikan bantuannya. Terakhir bulan ramadhan kemarin kepedulian Ditlantas Polda melalui program Ramadhan Barokah juga memberikan paket gizi dan sedikit uang untuk kebutuhan menjelang lebaran, ujar Camat Padang Barat Junie Nursyamza.