One Way Sicincin – Bukittinggi Solusi Jitu Atasi Macet Lebaran di Sumbar

23
Muhammad Zuhrizul penggiat pariwisata Sumbar.(foto:dok)

Oleh : Muhammad Zuhrizul
Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Travel Agent Sumbar.

92news.id. — Jalan sicincin malalak adalah jalan yang nyaman bagi kendaraan saat ini. Batu-batu besar sudah di pecah dan di singkirkan, struktur tanah sudah mulai stabil , terbukti beberapa kali hujan besar akses jalan sicincin malalak tetap di buka , nah isu-isu horor pengendara untuk melewati malalak inilah yang perlu sosialisasi lebih kepada pengendara baik wisatawan maupun perantau nantinya.

Kita berharap penerapan sistem One Way ini tidak hanya di terapkan saat libur lebaran tapi juga setiap hari Sabtu – Minggu – Senen. Hari senen sudah menjadi momok dari setiap pengendara bahwa macet di koto baru benar-benar menyiksa sekali di hari tersebut bagi pengguna jalan , namun untuk lebih efektif nya program one way ini pemprov kerjasama dengan pemkab harus pasang rambu-rambu /informasi untuk mengaktifkan juga jalur-jalur alternatif jalan kabupaten .

Kedepan kita berharap Pemerintah sudah harus membangun akses jalan Asam pulau – Malalo sebagai jalan utama antar kabupaten bagi pengendara menuju tanah datar dan padang panjang , agar macet yang kerap di lembah anai bisa teratasi secara permanen disamping akses jalan yang di bangun tentu akan mendorong tumbuhnya daya tarik baru dan investasi baru untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

wacana ini di bicarakan saat Penulis terlibat dalam pembahasan dengan Dinas Perhubungan dan Gubernur sumbar.

…KLIK DI SINI