Ninik Mamak Punggasan Harapkan Pak Syafrizal Ucok Perjuangkan Embung

32
Caleg DPRD Sumbar Syafrizal Ucok saat bertemu dengan tokoh Niniak Mamak Punggasan di laban,selasa 02/01/24.(foto:dok)

Punggasan,92news.id — Ninik Mamak Nagari Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, mendukung penuh dua kader Partai Golkar dalam Pemilu 2024, yaitu Caleg DPRD Sumbar Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah dan Caleg DPRD Pesisir Selatan Syafrisal Datuak Tanmangusi.

Pernyataan Ninik Mamak Punggasan itu disampaikan langsung dalam pertemuan di Lagan, Selasa (2/1/2024) petang. Pertemuan yang dihadiri Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah penuh dengan curhat dari Ninik Mamak untuk kelestarian adat dan harapan infrastruktur untuk pertanian.

Menurut Ninik Mamak Punggasan, bahwa sangat diharapkan ada penghulu adat yang berhasil menjadi anggota DPRD, baik di tingkat kabupaten Pesisir Selatan maupun di DPRD Provinsi Sumbar. Sehingga aspirasi masyarakat dalam penguatan adat mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Kalau ada penghulu adat jadi Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan dan DPRD Sumbar maka tentu kita dapat mengharapkan pembangunan Kantor KAN dan pelatihan penguatan kapasitas bagi para penghulu dan orang ampek jinih,” kata Maridis Dt. Sampono Batuah dalam pertemuan tersebut.

Sedangkan aspirasi Ninik Mamak Punggasan yang lain adalah pembangunan embung untuk pengairan sawah masyarakat. Selama ini tidak ada akses sama sekali pengairan hampir 350 hektar sawah masyarakat Punggasan.

Karena itu, jika Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Syafrizal Ucok berhasil mendapatkan amanah, Ninik mamak berharap perjuangan pembangunan embung dari Sungai Batang Punggasan.

Luas sawah yang akan menikmati pengairan nantinya ada sekitar 350 hektar terutama di Sungai Jambu, Tandikat Air Jambu Nagari Punggasan Utara hingga berbatasan Sungai Tunu Barat.

“Jika embung ini berhasil terwujud nantinya maka ratusan hektar sawah masyarakat akan digarap kembali dengan pengairan teknis, sehingga julukan Punggasan sebagai lumbung padi di Pesisir Selatan akan terwujud kembali,” kata Caleg DPRD Pesisir Selatan Syafrisal Dt. Tanmangusi yang sebelumnya adalah Wali Nagari dua periode.

Karena besarnya harapan masyarakat kepada Caleg DPRD Sumbar Syafrizal Ucok untuk memperjuangkan embung ini, maka Ninik Mamak Punggasan sudah bertekad bulat mendorong anak kemenakan masing-masing untuk mendukung Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan itu dalam Pemilu 2024.

“Insya Allah dalam Pemilu 2024 mendatang, kami Ninik Mamak akan berusaha semaksimalnya untuk mendukung Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah untuk DPRD Sumbar dan Syafrisal Datuak Tanmangusi untuk DPRD Pesisir Selatan, untuk kebaikan masyarakat Punggasan khususnya dan masyarakat Pesisir Selatan umumnya,” kata Dt. Rangkayo Basa mengakhiri pertemuan. (*)