Muka Ucok Mengeras Saat Dihajar Peserta Sosialisasi Kawal Pemilu

23
Novrianto diprank awak media dihari ulang tahunnya yang bersamaan dengan kegiatan Acara Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Media Dalam Mengawal Pemilu 2024 dan Hoaks bersama para jurnalis di Kupi Batigo,selasa 21/11/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Jurnalis Dalam Mengawal Pemilu 2024 dan Hoaks nyaris ricuh.

“Itu narasumber tidak pas dalam penyampaiannya, gak banyak memahami narasumber itu,”ujar Adrian Tuswandi peserta sosialisasi tersebut, Selasa 21/11-2023 di Batigo Kupi Padang.

Adrian menyerang dengan ungkapan kepada satu narasumber yang dikenal sebagai tokoh wartawan aliran keras Sumbar Novrianto Ucok. Sementara narasumber lain Ketua Bawaslu Alni dan Komisioner KPU Sumbar Jons Manadi dinilai pas dan tepat dalam paparan pada diskusi dengan moderator Sherli.

Bahkan saat Novrianto mau menjawab peserta lain sepertinya tidak menginginkan jawaban dari jurnalis senior itu.

Padahal Ucok hanya ingin menyampaikan dalam mengantisipasi informasi hoaks wartawan harus merujuk kepada paduan kerja jurnalis.

“Wartawan itu punya UU Pers dan kode etik jurnalistik yang menjaga marwah pemberitaan, selain itu ada UU Pemilu dan PKPU yang mengawal informasi tepat dan akurat,”ujar Novrianto.

Tapi, peserta terdiri dari anggota kelompok wartawan Kawal Demokrasi dan Anti Hoaks semakin tak memahami apa yang disampaikan Novrianto, suasana sosialisasi semakin hangat bahkan sudah mulai menjurus ricuh, apalagi banyak yang minta narasumber Novrianto turun dari panggung acara.

Semakin memanas manakala wajah dari Novrianto tampak serius dan sepertinya emosi dalam melihat aksi dari para awak media yang hadir. Namun akhirnya suasana berubah cair setelah lagu ulang tahun dinyanyikan peserta bersama musik dengan suara serak. ‘Hari Ini Bertambah Satu Tahun Usia Mu”

Ternyata suasana itu hanya gimick dibuat peserta karena acara itu pas digelar di hari lahirnya Novrianto yang ke 53 tahun.

Ucapan selamatpun berdatangan dari para peserta acara dan tentu dari para narasumber dan dilanjutkan dengan pemotongan kie ulang tahun.

“Uihh saya terbawa suasana, saya sejak tadi menahan emosi, tapi melihat peserta yang biasanya tidak suka menantang saya , ikutan minta saya turun, saya jadi bertanya di hati, jangan-jangan ini prank Toaik (Adrian Tuswandi,red),”ujar Novrianto.

Bahkan wajah legam dan tegang Ucok menahan emosi pelan berubah menjadi biasa malah linang air mata terlihat di dua mata tokoh pers aliran keras tersebut.

“Terima kasih kawan semua, saya surprise dengan cara seperti ini memperingati hari lahir saya,”ujar Novrianto.(***)