Minangkabau Heritage Ke-V, Harneli Mahyeldi Bangga Produk Sulam Rekor MURI Asal Sumbar di Pamerkan

25
Ketua Dekranasda Sumbar Harneli Mahyeldi menghadiri acara minangkabau heritage ke V Tahun 2023 di Jakarta Convension Center, Jakarta 5/10/23.(foto:dok)

Jakarta,92news.id — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar Harneli Mahyeldi menghadiri acara minangkabau heritage ke V Tahun 2023 di Jakarta Convension Center, Jakarta (5/10/23).

Dalam kesempatan tersebut, Harneli Mahyeldi memberikan apresiasi yang luar biasa atas terlaksananya iven ini karena ini merupakan moment yang tepat untuk memasarkan produk unggulan sulam asal Sumatera Barat. Apalagi produk kriya ini telah masuk rekor MURi dan tercatat di dunia ssbagai sulam terpanjang.

“Ini merupakan moment yang tepat bagi
pemerintah provinsi sumatera barat untuk mempromosikan dan memasarkan produk unggulan daerah, peragaan busana berbahan khas sumatera barat, serta penampilan seni dan budaya dari seluruh kab/kota di sumbar” Ucap Harneli Mahyeldi, Istri Gubernur Sumbar.

Dalam ivent tersebut berbagai produk kerajinan yang menjadi unggulan provinsi sumatera barat di pamerkan seperti produk tenun, songket, bordir, dan batik tanah liek serta sulaman.

“Sebagai contoh untuk sulam dan bordir sumbar merupakan salah satu adi kriya anak yang sarat nilai filosofis dan estetis. Karya sulam sudah lama menjadi bagian dari kehidupan rakyat indonesia dan dunia, termasuk masyarakat minangkabau. Sumatera Barat ditetapkan sebagai sentra sulam dan bordir indonesia. Dari sumatera barat lahir beberapa produk kriya sulam seperti kapalo samek, suji caia, sulam bayang, Sulam benang emas, serta bordir kerancang. Hasil kriya ini telah memecahkan rekor MURI bahkan dunia untuk kategori sulam terpanjang dengan panjang 20 Meter”. Tutur Harneli Mahyeldi

MInangkabau Heritage diselenggarakan oleh Dewan Kerajinanan Nasional Daerah Provinsi sumatera barat bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdangan provinsi Sumatera Barat dengan melibatkan dekranasda kab/kota di sumbar.

Iven tahunan ini mengangkat tema The Natural Wonder of West Sumatera.

Turut hadir dalam acara ini ketua umum BPP ASEPHI beserta pengurus, Istri bupati Pesisir Selatan, Istri Wakil Walikota Padang, IKM Jakarta, dan Pimpinan PT Mediatama Binakreasi.(monsis)