Lakukan Sosper, Syamsul Bahri Mendapat Apresiasi Wakil Bupati dan Masyarakat  

44
Anggota DPRD Sumbar Syamsul Bahri dari PDIP saat mensosialisasikan perda no 4 tahun 2020 dinagari jambak Pasaman Barat,selasa 18/04/23.(foto:dok)

PASAMAN BARAT,92news.id — Setelah melakukan pertemuan dengan kelompok nelayan beberapa hari sebelumnya dan kelompok, kembali Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, Syamsul Bahri dari Fraksi PDI-P menggelar sosialisasi Perda No 4 Tahun 2020, tentang perlindungan lahan Pertanian Pangan berkelanjutan dan Ranperda tentang produk unggulan Perkebunan Sumatra Barat, di Nagari Jambak Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Selasa (18/4/2023).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang perlindungan lahan pertanian pangan yang saat ini semakin berkurang.

Pada kesempatan tersebut Syamsul Bahri Anggota DPRD Sumbar dari Dapil IV (Pasaman – Pasaman Barat), mengatakan, pertanian pangan memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam rangka membangun kedaulatan pangan, ditengah masyarakat, tentunya berkaitan dengan komiditas unggulan, sehingga punya harga tawar semakin meningkat.

“Saat ini lahan pertanian pangan semakin berkurang karena adanya berbagai pembangunan sesuai perkembangan zaman, banyaknya alih fungsi lahan membuat sektor ini semakin menurun, hal tersebut juga berkaitan dengan komoditas unggulan,”ulas anggota Komisi II DPRD Sumbar Syamsul Bahri didepan masyarakat dan tokoh setempat.

Dikatakannya lagi, saat ini lahan Pertanian Pangan berkurangnya lahan pertanian pangan karena banyak masyarakat beralih ke tanaman-tanaman industri, seperti sawit dan lainnya.

“Adanya peraturan daerah Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dalam rangka penyelamatan, agar kedepan kita tidak minus pangan, yang dapat mengakibatkan kerugian besar dalam ketersediaan pangan,sehingga pertanian pangan berkelanjutan dapat terlindungi dengan adanya Perda no 4 tahun 2020 tersebut,”tambahnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Pasaman Barat H. Risnawanto Balingka, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ninik Mamak, Alim Ulama, Bundo Kandung serta masyarakat lainnya.

Pada kesempatan tersebut wakil bupati Pasaman Barat Risnawanto, mengajak semua masyarakat agar tetap mempertahankan lahan pertanian, untuk kepentingan generasi mendatang.

Ia juga memuji Syamsul Bahri yang terus intens memperjuangkan kepentingan masyarakat, serta daerah pemilihan nya, dari semenjak dilantik sampai saat ini.

“Kami sangat memberi apresiasi pada pak Syamsul Bahri yang terus intens berjuang untuk kepentingan daerah ini dan masyarakatnya, dari semenjak awal dilantik sampai saat ini,” tutur Risnawanto.

Dikatakannya, sangat jarang anggota DPRD Sumbar yang mau konsens terhadap masyarakat,salah satu yang selalu konsens adalah Syamsul Bahri.

Kegiatan sosialisasi itu berlangsung sangat humanis dan berjalan lancar, bahkan dilakukan tanya jawab, guna menampung aspirasi untuk diperjuangkan Syamsul Bahri pada pembahasan di tingkat Provinsi.(***)