Kunjungi KPP Pratama Padang 2, Suwirpen Apresiasi Pelayanan Petugas

33
Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen di dampingi Kepala KPP Padang 2 Budiyan saat melihat pelayanan petugas kepada masyarakat, kamis 16/03/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib meninjau sektor pelayanan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang Dua, Kamis (16/3).

Dalam peninjauan yang didampingi oleh Kepala KPP Padang Dua Budiyan tersebut, Wakil ketua DPRD Sumbar menemukan keramahan dalam pelayanan kepatuhan wajib pajak kepada masyarakat Kota padang.

“ Kesadaran masyarakat Kota padang dalam membayar pajak cukup tinggi, hal itu berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai KPP Pratama Padang Dua, yaitu mengutamakan keramahan berinteraksi dengan masyarakat ,”katanya.

Dia mengatakan, ketika menanyai salah satu masyarakat Kota Padang yang tengah membayar pajak cukup mengapresiasi  pelayanan yang diberikan.

Tidak hanya memberikan pelayanan, pegawai KPP juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang wajib pajak serta mekanisme pelaporannya.

“ Jadi ketika masyarakat ragu-ragu tentang wajib pajak, silahkan bertanya kepada pegawai pajak . Mereka akan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tentang sektor perpajakan,” katanya.

Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan provinsi, Suwirpen  mengajak warga Kota Padang untuk senantiasa taat membayar pajak sekaligus menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh)-nya secara tepat waktu.

Dia mengungkapkan, kantor KPP Pratama Dua Padang berkomitmen untuk tidak mempersulit masyarakat dalam membayar pajak, terlebih pajak yang dihimpun akan kembali ke masyarakat untuk menghadirkan infrastruktur yang memadai bagi daerah, sehingga bisa menunjang perputaran ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan.

Sementara itu Kepala Kantor KPP Pratama Padang Dua Budiyan menjelaskan, seiring perkembangan teknologi saat ini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menyiapkan berbagai alternatif layanan yang mudah diakses masyarakat. Salah satunya sudah ada layanan online melalui e-filing.

“Jadi tidak ada alasan lagi bagi wajib pajak untuk tidak patuh dan melaporkan SPT,” ujarnya.

Ia menyebutkan, terkait penyampaian SPT Tahunan oleh kepala daerah yang dikemas dalam pekan panutan kali ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh KPP Pratama Padang Dua.

“Harapannya adalah apa yang dilakukan kepala daerah menjadi panutan dan diikuti masyarakat selaku wajib pajak agar dapat segera melaporkan SPT Tahunan sebelum batas waktu yang ditentukan. Yakni, 31 Maret 2023 untuk WP Orang Pribadi dan 30 April 2023 untuk WP Badan. Alhamdulillah Pak Wali Kota Padang memberikan contoh sebagai tokoh panutan pada kesempatan ini,” paparnya.(*)