KPU Sumbar Tinjau Logistik di Solok, Pastikan Semua Logistik Terdistribusi dengan Baik

91
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) Ory Sativa Syakban meninjau Gudang Logistik KPU Solok di pusat pergudangan di Jalan Koto Baru, Jorong Kajai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Senin 15/1/2024.(foto:dok)

SOLOK,92news.id – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) Ory Sativa Syakban meninjau Gudang Logistik KPU Solok di pusat pergudangan di Jalan Koto Baru, Jorong Kajai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Senin (15/1/2024). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka supervisi dan monitoring kesiapan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar itu mengatakan, bahwa semua logistik perlengkapan pemilu, termasuk surat suara, sudah terdistribusi dengan baik di Kabupaten Solok. Selain itu, KPU Kabupaten Solok sedang melakukan sortir dan lipat surat suara.

“Hari ini kita sengaja mengunjungi gudang logistik. Kita ingin memastikan semua surat suara, seperti Presiden, DPD, DPRD, DPRD provinsi, dan DPR RI sudah ada. Sehingga KPU Kabupaten dan Kota bersiap melakukan sortir dan lipat,” ujar Ory.

Setelah berkeliling meninjau gudang logistik pemilu, kata Ory, pihaknya belum melihat kendala dalam proses distribusi logistik. Sebab, semua logistik sudah aman diterima di gedung-gedung KPU Kabupaten dan Kota, serta melihat tersimpan rapi sesuai standar nasional, seperti disimpan di atas palet untuk menghindari genangan air atau menjaga kelembaban.

“Semua logistik sudah aman, dan tidak ada kendala. Kami melihat KPU Kabupaten dan Kota melakukan sortir dan lipatan surat suara. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa surat suara dikemas sesuai dengan peruntukannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar mengatakan, pihaknya melibatkan sekitar 200 petugas untuk kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024.

“Kita melibatkan 200 pekerja untuk proses pelipatan surat suara dijadwalkan berlangsung dari 10-19 Januari 2024. Hingga hari ke-5 sudah berjalan 50 persen pelipatan dan penyortiran. Lalu, sedikit ditemukan adanya kerusakan, yaitu satu atau dua surat suara,” ucapnya. (h/fdi)