KPU Sumbar Masih Menunggu Surat Suara Yang Rusak

49
Ketya KPU Sumbar Surya Elfitrimen didampingi Ketua Bawaslu Sumbar menyampaikan terkait surat suara yang hilang dan menunggu kedatangan surat suara pengganti,selasa 30/1/24.(foto:dok)

PADANG,92news.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masih menunggu pengganti surat suara yang rusak dari perusahaan penyedia atas pengajuan logistik pemilu 2024, sebagian surat suara telah datang di Padang.

“Setelah pelipatan dan penyortiran yang dilakukan Kabupaten Kota kemarin, ditemukan ada beberapa surat suara yang rusak, dan kemarin surat suara untuk pengganti telah dikirim dari Klaten dan telah sampai di Padang Senin (29/1) kemarin, namun masih ada surat suara yang akan datang. KPU Sumbar masih menunggu,” ucap Surya Elfitrimen, Selasa (30/1).

Secara keseluruhan, KPU Sumbar menerima 20.892.600 lembar jenis surat suara untuk pemilihan umum 2024, yakni pemilihan DPRD Kabupaten dan Kota, DPRD Provinnsi, DPR RI, DPD RI, serta pemilihan presiden-wakil presiden.

Surya merinci dari hasil penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan masing-masing KPU kabupaten dan kota ditemukan sekitar 0,21 persen surat suara yang rusak dari total yang diterima, serta sekitar 0,4 persen kurang dari jumlah yang seharusnya.

“Surat suara yang rusak ditemukan saat proses pelipatan dan penyortiran, dan kami sudah berkoordinasi dengan penyedia untuk surat suara yang kurang dan rusak agar segera dikirimkan,” kata Surya Elfitrimen.

Dia memastikan seluruh pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 akan mendapatkan haknya untuk mencoblos lima jenis surat suara yang disiapkan penyelenggara.

KPU menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh. (fer)