Komisioner KI Sumbar, Mona Sisca Tekankan PPDB Online Harus Transparan ‘Tanpa Beli Kursi’

14
Mona Sisca Komisioner KI Sumbar soroti tentang keterbukaan informasi dalam penerimaan siswa baru melalui PPDB online,rabu 26/6/24.(foto:dok)

Padang,92news.id — Musim penerimaan siswa baru telah menguras energi para orang tua calon siswa.

Sistem penerimaan lewat PPDB Online telah berjalan sejak tiga tahun terakhir, tentunya lewat sistem online itu, PPDB akan teruji transparansinya.

“Jangan ada udang dibalik batu, PPDB Online itu menasbihkan pelaksanaan yang transparan,” ujar Komisioner Komisi Informasi Sumbar Mona Sisca saat ditanya wartawan tentang penerimaan siswa baru, Rabu 26/6-2024 di Padang.

Mona Sisca mengharapkan keterbukaan penerimaan siswa baru jangan diciderai oleh oknum yang membuat sistem itu jadi ugal-ugalan.

“Sistem PPDB Online itu harusnya memberi kemudahan bagi calon siswa dan orang tua calon siswa itu, karena sistem sudah online dan digital tidak perlu lagi harusnya orang tua ke sekolah mengantarkan bukti fisik dokumen saat mendaftar online, harusnya dokumen pendaftaran hardcopy di bawa saat mendaftar ulang saja jika siswa tersebut sudah dinyatakan diterima di sekolah tersebut,” ujar Mona Sisca.

Dan publik berhak tahu dengan penerapan PPDB Online itu.

“Masyarakat berhak tahu, masyarakat bisa minta informasi publik kepada penyelenggara PPDB Online, bahkan pengelola bisa disengketakan informasi publik. Ingat PPDB Online itu didanai oleh uang rakyat di APBD,” ujar Mona Sisca.

Sementara itu musim penerimaan beberapa sekolah favorit mulai diserbu orang tua calon siswa dengan empat jalur penerimaan yakni jalur Jalur Zonasi: 50 persen, jalur Afirmasi: 20 persen, jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali: 5 persen dan jalur Prestasi Akademik: 15 persen

Bahkan dipastikan situs PPDB Online bisa crowdit karena banyak masyarakat mengakses website ingin tahu posisi anak nya di sekolah bersangkutan apakah diterima atau tidak. (***)