Ketua LPM Kota Padang Irwan Basir Hadiri Pelantikan BPH Organisasi Mado Hia Nias Padang-Sumbar

32
Ketua LPM Kota Padang Irwan Basir foto bersama dengan Badan Pengurus Harian Organisasi Mado Hia Nias Padang-Sumbar yang baru saja dilantik, minggu 30/04/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM memenuhi undangan Pelantikan Badan Pengurus Harian (BPH) Organisasi Mado Hia Nias Padang – Sumbar (OMHNP-S) pada Minggu, 30/4/23 bertempat di Gedung HTT Jalan Pondok Padang.

Dalam sambutannya Irwan Basir menyampaikan, keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia merupakan suatu kekayaan dan kekuatan bagi tegaknya negara ini. Perbedaan suku, etnis, agama dan adat istiadat yang dari Sabang sampai Merauke telah disatukan dalam bentuk Bhinneka Tunggal Ika dan menjadi satu kekuatan besar untuk berdirinya Republik ini.

” Suku Nias adalah salah satu suku di negara ini diantara banyak suku yang ada, suku Jawa, Ambon, Minang dan suku lainnya. Khusus di Kota Padang atau Sumatera Barat umumnya, saudara-saudara dari Nias sudah lama berdomisili dan bergaul dengan masyarakat minang. Karena semakin berkembang, maka lahirlah organisasi-organisasi komunitas suku Nias seperti Mado Hia yang sekarang kita hadiri pelantikan pengurusnya,” ucap tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai ketua DPD LPM Kota Padang, dirinya tidak pernah membedakan setiap penduduk Kota Padang. Selagi tinggal di Kota Padang dan menjadi warga masyarakat Kota Padang, LPM tidak pernah membedakan. Jika ada musibah, siapapun dia Pengurus LPM akan turun membantunya.

” LPM Kota Padang itu adalah Lembaga Masyarakat untuk seluruh masyarakat Kota Padang. LPM tidak pernah membeda-bedakan. Saat ada warga suku Nias di Kelurahan Air Manis yang rumahnya roboh ditimpa pohon, LPM turun ke lapangan bersama LPM Kelurahan membantunya. Ada warga Nias yang tertimpa longsor di Bungus, LPM juga turun membantu, demikian juga yang ditimpa musibah kebakaran. Inilah buktinya kalau LPM itu tidak pernah membeda-bedakan setiap warga masyarakat di Kota ini.,” ungkap tokoh yang kerap dipanggil Datuk IB ini.

Irwan Basir juga berpesan, selaku warga masyarakat dimana pun berdomisili dan bertempat tinggal, agar selalu menjaga keharmonisan hidup bertetangga dan bermasyarakat. Jangan mudah diadu domba oleh siapapun yang nantinya bisa menimbulkan perpecahan dan merusak suasana hidup bermasyarakat dan bernegara. Jaga selalu rasa persatuan dan kesatuan, ciptakan rasa kebersamaan dalam bertetangga dan bermasyarakat.

” Pesan saya, jaga selalu rasa persatuan dan kesatuan dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat. Hilangkan perbedaan, utamakan kebersamaan agar terjalin rasa persaudaraan,” ujar Irwan Basir.

” Khusus Kepada Pengurus yang dilantik, saya berpesan jalankan organisasi sesuai dengan AD/ART organisasinya. Kita bukan mencari hidup di organisasi, tapi kita bekerja untuk menghidupkan organisasi agar organisasi bisa berjalan dan menjadi besar. Selamat kepada para pengurus yang dilantik dan selamat bekerja.” sambung Irwan Basir di akhir penyampaiannya.

Dalam acara ini hadir seluruh tokoh tokoh komunitas suku Nias seluruh Sumatera Barat dan warga Nias dari marga Hia yang ada di Kota Padang. (AdF/MS)