Keluarga Besar Suku Jambak Berhalal bi Halal

34
Penghulu suku Jambak Nagari Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM pada kegiatan copdar dan halal bi halal di UJ Cave,minggu 30/04/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Penghulu suku Jambak Nagari Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM mengatakan, lahirnya sebuah organisasi adalah karena adanya rasa kebersamaan yang mempunyai satu tujuan dari sebuah komunitas untuk mengayomi kepentingan bersama.

Diikrarkannya Rang Jambak Bersatu oleh dunsanak bersuku jambak yang ada di seluruh Indonesia adalah untuk menjalin silaturahmi dan menjaga ukhuwah Islamiah kita selaku orang minang yang beradat, bersuku , beragama di manapun dia berada, sehingga terbentuklah organisasi Keluarga Besar Rang Jambak (KBRJ) ini.

Rasa kebersamaan ini bisa menjadi sebuah kekuatan yang mengikat rasa persaudaraan dan persatuan diantara para dunsanak bersuku Jambak.

Demikian dikatakan oleh Irwan Basir dalam sambutannya pada acara Kopi Darat (Kopdar) dan Halal bi Halal Keluarga Besar Rang Jambak (KBRJ) seluruh Indonesia pada Minggu, 30/4/23 bertempat di Cafe UJ BP By Pass Kampung Lalang Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Lebih lanjut dikatakan, untuk memperkuat tali silaturahmi diantara sesama Rang Jambak itu, harus mendahulukan rasa kebersamaan, rasa persaudaraan, sadanciang bak basi saciok bak ayam, barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang. Jangan sampai ada kasta dalam KBRJ ini yang bisa membedakan satu dengan yang lainnya.

” Jika sudah terhimpun dalam KBRJ ini berarti kita berdunsanak. Saudara kita yang bersuku Jambak, baik yang dari Jabodetabek, dari Dumai, Duri, dari Pasaman dan dari daerah lain yang ada di Indonesia, mari secara bersama-sama memperkuat rasa persatuan sesama saudara kita bersuku Jambak. Tidak ada perbedaan, tidak ada kasta, semuanya adalah Keluarga Rang Jambak Bersatu. Saciok bak ayam, sadanciang bak basi untuk saling membantu diantara sesama suku Jambak,” ungkap tokoh yang juga menjabat sebagai ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Sementara itu, ketua LKAAM Sumatera Barat H. Fauzi Bahar Dt. nan Sati yang hadir pada acara itu mengatakan sangat berterima kasih sekali karena telah diundang oleh Keluarga Besar Rang Jambak untuk hadir di acara ini. Dia melihat dalam KBRJ ini banyak sekali tokoh-tokoh potensial yang punya pengaruh yang dapat membesarkan organisasi Rang Jambak ini.

” Saya selaku anak pisang urang Jambak, merasa senang sekali dapat hadir dalam acara ini. Saya melihat banyak sekali dalam suku Jambak tokoh-tokoh potensial yang dimiliki, contohnya Datuk Irwan Basir, seorang penghulu suku Jambak di nagari Pauh IX yang sudah pantas untuk menjadi pemimpin di kota Padang ini karena saya tahu sekali kiprah beliau. Dan saya yakin dengan banyaknya tokoh-tokoh berpengaruh di suku Jambak, maka KBRJ ini akan maju dan semakin besar untuk ke depannya, ” ucap mantan Walikota Padang dua periode ini yang disambut tepuk tangan oleh yang hadir.

Ketua Umum KBRJ Roni Putra mengatakan, acara Kopdar dan Halal bi Halal ini dihadiri oleh persatuan suku Jambak yang ada di Indonesia seperti dari Jabodetabek, Duri, Dumai, Pasaman Barat, Payakumbuh, Bukittinggi, Piaman Laweh dan Kota Padang. Acara seperti ini akan selalu diadakan setiap tahunnya. Juga hadir ketua LKAAM Kota Padang Suardi Dt. Garang yang juga seorang Datuk dari suku Jambak di Pauh IX. (AdF/MS)