Kasek Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin Tinjau Persiapan Apel Patroli Pengawasan di Bawaslu 50 Kota

22
Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin meninjau apel persiapan patroli di wilayah 50 Kota,sabtu 10/2/24.(foto:dok)

LIMAPULUH KOTA,92news.id — Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin SH, M.Si, meninjau persiapan Apel Patroli Pengawasan di kantor Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (10/2/2024) malam.

Kasek Karnalis menyampaikan bahwa memasuki masa tenang Pemilu 2024, 11-13 Februari 2024, maka semua aktivitas yang berbau kampanye harus dihentikan. Karena itu, Bawaslu menggelar Patroli pengawasan untuk memastikan pemilu berjalan dengan jujur dan adil tanpa kecurangan serta pelanggaran.

“Apel patroli pengawasan ini serentak dilaksanakan di seluruh kantor Bawaslu di 19 kabupaten dan kota di Sumbar, tepat di hari pertama masa tenang,” ungkap Karnalis didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra, SE, dan Sekretaris Bawaslu 50 Kota, Amelia Rahmi, SIP, serta tim sekretariat Bawaslu Sumbar.

Usai apel, lanjut Karnalis, maka semua tim Bawaslu, mulai dari panitia pengawas kecamatan (Panwascam), Kelurahan dan nagari, bergerak ke tengah masyarakat untuk memantau situasi sembari mengajak masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan partisipatif dan menghimbau pemilih untuk datang ke TPS pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Bawaslu Sumbar membentuk 12 tim yang melibatkan semua anggota Bawaslu dan media turun ke Bawaslu Kabupaten kota, hingga kecamatan, kelurahan serta nagari melakukan patroli pengawasan. Harapannya, di masa tenang Pemilu ini tidak ada lagi aktivitas kampanye, serta untuk mengawasi agar tidak terjadi pemberian kepada pemilih dalam bentuk apapun kepada pemilih,” ucap Karnalis.

Sementara itu Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra menyampaikan bahwa Apel Patroli Pengawasan yang dipusatkan di Halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, akan dihadiri Bupati dan semua forkopimda Limapuluh kota, Panwascam dan perwakilan 50 TPS dari 1.261 TPS yang tersebar di 13 kecamatan dalam wilayah kerja Bawaslu 50 Kota.

“Semoga apel patroli pengawasan ini berjalan sesuai harapan bersama, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama,” pungkas Yoriza. (ms/ald)