Jurnalis Kawal Demokrasi Sambangi Polda Jateng, Kabid Humas Sampaikan Beberapa Hal

21
Kabid Humas Polda Jateng Satake Bayu didampingi Ketua JPS Adrian Tuswandi dan Kabag Prokopim Setdaprov Sumbar Budi Arif saat menyampaikan giat yang dilakukan dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang,rabu 29/11/23.(foto:dok)

SEMARANG,92news.id — Kapolda Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Irjen. Pol Ahmad Luthfi  diwakili Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Satake Bayu Setianto, S.Ik, M.Si, menerima audiensi anggota Jaringan Pemred Sumbar (JPS) yang tergabung dalam Jurnalis Kawal Demokrasi, Berani Hoaks, Hook Saja, Rabu (29/11/2023) di ruang rapat Mapolda Jateng.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Satake Bayu menyampaikan bahwa sejauh ini semua Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Jawa Tengah berjalan lancar dan kondusif. Begitu juga dengan roda pemerintahan juga berjalan dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsi serta aturan yang berlaku.

“Saat ini tengah berjalan tahapan kampanye peserta pemilu, baik calon legislatif, calon perseorangan dan capres-cawapres. Semoga suasana kondusivitas ini terus berlanjut hingga selesainya semua tahapan pemilu,” ungkap Kombes Satake di hadapan peserta studi tiru yang dipimpin oleh Koordinator, Adrian Tuswandi dan Kabag Prokopim Setdaprov Sumbar, Budi Arif., serta penasehat JPS, Novrianto Ucok.

Berbagai kegiatan sosial kemasyarakat, ujar Kombes Satake, Polda Jateng bersama jajaran Polres, secara rutin melakukan pembagian sembako dan pengobatan gratis bagi warga. Kegiatan yang digawangi oleh Bidang Kesehatan Polda Jateng bekerjasama dengan stakeholder terkait.

“Kegiatan ini digelar Polda Jateng dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu. Juga berbagai bakti sosial yang rutin dilakukan oleh jajaran Polda Jateng,” ucap Kombes Satake.

Dilanjutkan Kombes Satake, dalam mensukses Pemilu serentak 2024, Polda Jateng melalui Bidang Humas melakukan manajemen media. Dalam hal ini Bidang Humas membentuk Patroli Siber guna memantau tindakan Hoaks atau ujaran Kebencian, bekerjasama dengan Diskrimsus.

“Patroli Siber juga mengajak berbagai stakeholder termasuk rekan-rekan media untuk bersama-sama mengawal Hoaks dan Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jika ada temuan terjadinya ujaran Kebencian dan hoaks, maka tahap awal kita lakukan teguran dan pembinaan, jika terus berlanjut atau tidak.diindahkan, maka kita lakukan tindakan hukum. Namun hingga saat ini belum ada tindakan hukum yang dilakukan,” ujar Kombes Satake.

Selain itu Polda Jateng juga melakukan manajemen sosial, yaitu mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

“Dalam hal ini, kita mengajak tokoh tokoh masyarakat untuk bersama-sama membangun kesadaran masyarakat dalam mensukseskan pemilu, termasuk mengajak masyarakat ramai-ramai ke TPS dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Karena salah satu tolok ukur sukses pemilu adalah meningkatnya partisipasi pemilih dalam pemilu,” ungkap Kombes Satake, sapaan akrab Kabid Humas yang dikenal dekat dengan kalangan media dan wartawan di manapun bertugas.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024, tambah Kombes Satake, secara nasional Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencanangkan Operasi Mantab Brata. Khusus di Polda Jateng, operasi ini melibatkan 22.764 personil yang terdiri dari personil Polda dan Polres se Jateng, ditambah anggota TNI dan instansi terkait di Pemprov Jateng.

“Dalam operasi ini, kita juga melakukan Pengamanan terhadap 117.299 TPS yang tersebar di 35 kabupaten dan kota di Jateng. Personil yang ditempatkan di TPS, tergantung tingkat karawanan nya, apakah cukup rawan, kurang rawan atau Rawan. Selain itu juga didukung oleh Operasi Bacula (Badak Bercula) yang terpusat di Kota Solo,” terang Kombes Satake.

Usai audiensi, Kombes Pol. Satake mengajak tim jurnalis meninjau sejumlah ruangan fasilitas bidang humas, termasuk ruangan podcast yang dimanfaatkan untuk mensosialisasikan berbagai program Polda Jateng ke masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah. (ms/ald)