Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke 78, Raflis : DPRD Sumbar Lembaga Besar Menjaga Marwah Daerah

19
Sekwan Raflis saat menjadi inspektur upacara HUT RI ke 78 di halaman kantor DPRD Sumbar,17/8/23.(foto:dok)

PADANG,92news.id — Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Prov. Sumbar) merupakan lembaga besar setelah Sekretariat Daerah yang menjaga marwah daerah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, maka cara berpikir, berkerja, tanggungjawab setiap komponen sekretariat dewan mestilah paripurna. Lembaga DPRD Sumbar mestilah menjadi yang terbaik karena sekretariat dewan ini OPD terdepan dalam pelayanan publik.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, SH.MM saat memberikan arahan pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun di halaman gedung DPRD Sumbar, Kamis, 17 Agustus 2023.

Lebih lanjut Sekwan menyampaikan hal ini sesuai pesan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yakni, bekerja ikhlas, berkerja cerdas, bekerja keras dan bekerja tuntas.

“Bekerja ikhlas itu, bekerja tidak mengharapkan imbalan, bekerja tulus yang mengedepankan keberhasilan kerja memberikan dampak nyata aktifitas kelembagaan yang bermartabat. Bekerja ikhlas itu ada niat baik dan keinginan produktifitas tinggi tehadap pekerjaan yang di amanahkan, ditugaskan tanpa membanding-bandingkan satu sama lainnya, serahkan semua pada Allah menjadi amalan,” kata Raflis.

Raflis juga tambahkan, kerja cerdas itu bagaimana produktifitas kerja itu cerdas dalam mengamati perkembangan yang ada, ada analisa dan pertimbangan, ada logika berpikiran yang jelas sesuai aturan dan moralitas diri.

“Sedangkan bekerja keras itu bersungguh-sungguh, tidak asal jadi atau sembrono. Jangan berkerja itu asal lapeh utang kemudian duduk-duduk dan bermain-main. Tidak ada lagi staf DPRD yang tidak berkerja, berlagak bos, sok mengatur-atur staf lain, atau ke kantor hanya mencari-cari surat perjalanan dinas, sementara ia sendiri tidak berbuat apa-apa sama sekali bagi lembaga ini, Jika itu ada kita akan tindak !” ingatnya.

Raflis juga mengatakan, bekerja tuntas itu bagaimana hasil kerja itu tidak memberi masalah, baik masalah hukum maupun masalah sosial kemasyakatan.

“Bekerja tuntas itu, bekerja taat aturan sesuai standar yang ada, jika perlu jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Bekerja tuntas itu memberikan dampak hasil kebaikan bagi lembaga, pimpinan, dan nama baik daerah kepada publik serta masyarakat,” ujarnya.

Di hari ulang tahun Republik Indonesia ke 78 tahun, Raflis menyampaikan, kemerdekaan Indonesia itu diraih karena perjuang seluruh anak bangsa untuk terlepas dari kaum penjajah.

“Kita Indonesia adalah bangsa pejuang yang kuat, tegas dan hebat. Ingatlah jasa para pahlawan yang telah mengabdikan diri untuk tumpah darah Indonesia merdeka. Saatnya kita isi untuk kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur. Dirgahayu Indonesia, terus melaju untuk Indonesia maju, Merdekaa..!, serunya.

“Merdekaa .!!” sahut peserta upacara HUT RI ke 78 DPRD Sumbar.(ada/hms)