Ingin Prestasi Meningkat dan Ikut DBON, Komisi V DPRD Sumbar Kunjungi DKI Jakarta

29
Rombongan Komisi V DPRD Sumbar diterima Kepala Biro Kessos DKI Jakarta Wahyu Hariadi pada kegiatan Study Comperatif yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar,selasa 4/04/23.(foto:dok)

92news.id — Keinginan DPRD Sumbar untuk meningkatkan prestasi olahraga, termasuk dalam berbagai event nasional, seprti pra PON dan PON, komisi V melakukan study comperatif pada daerah yang memiliki posisi puncak pada setiap event, kali ini pilihannya DKI Jakarta.

Hal tersebut sesuai dengan agenda kegiatan DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Masa Persidangan Kedua Tahun 2022/2023, yang telah ditetapkan dalam rapat badan musyawarah, diagendakan kegiatan DPRD Provinsi Sumatera Barat, di antaranya studi Komperatif terhadap tupoksi masing-masing komisi, termasuk juga Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat, yang melakukan studi komperatif ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 3-6 April 2023 lalu.

Pimpinan Rombongan Komisi V Irsyad Syafar saat menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke Pemerintahan DKI Jakarta yang juga didampingi Indra Dt Rako Lelo.(foto:dok)

Adapun tujuan Studi komperatif dilaksanakan untuk mendapatkan informasi dan masukan, berkaitan dengan bagaimana strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memajukan prestasi olahraga daerah, serta bagaimana melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet daerah dengan mengimplementasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Berdasarkan hal tersebut Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat melakukan studi komperatif ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan mengadakan pertemuan di Balaikota lantai 22, pada Selasa, 4 April 2023 lalu.

Ketua Komisi V DPRD Sumbar bersama anggota lainnya saat membahas tehnis kerjasama Olah Raga dengan Pemerintahan DKI Jakarta.(foto:dok)

Rombongan Komisi V (Bidang Kesejahteraan Rakyat) yang dipimpin wakil ketua DPRD Irsyad Syafar, juga Indra Dt. Rajo Lelo, ketua komisi Daswanto, wakil ketua Aida, dan sekretaris Hardinalis Kobal, juga didampingi anggota-anggota yakni, Syafruddin Putra, Mesra, Hidayat (Gerindra)
Gustami Hidayat, Muhammad Ridwan, Ismet Amzis, Daswanto, Muhayatul , Afrizal,
Daswipetra dan Donizar, diterima Wahyu Hariadi, kepala Biro Kessos DKI Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Wahyu Hariadi membeberkan semua tehnik dan pembinaan olahraga yang mereka miliki, dari mulai usia dini sampai usia produktif peraih medali.

Anggota Komisi V DPRD Sumbar Afrizal, SH, MH saat berinteraksi dengan jajaram kessos Pemerintahan DKI Jakarta.(foto:dok)

“Kita di DKI Jakarta selalu mengadakan berbagai kejuaraan, baik dari tingkat dini maupun senior, sehingga setiap daerah terus melakukan pelatihan secara berkesinambungan, khususnya pada 15 prioritas olahraga nasional yang termasuk dalam DBON,” tutur Wahyu.

Ia juga menerangkan, semua itu tidak terlepas dari besarnya anggaran pembinaan, dan kerjasama stakehokder terkait pada pemerintah daerah, termasuk KONI maupun Kormi.

Hidayat dari Fraksi Gerindra juga menggali tata kelola tentang pembinaan olahraga di DKI yang selalu jadi pemuncak pada kegiatan olahraga nasional.(foto:dok)

“Dalam desain besar olahraga nasional atau DBON semua stakehokder harus bergandengan tangan dengan pemerintah daerah, sehingga semua bisa terealisasi dengan baik,” tambah Wahyu.

Sekaitan dengan keterangan Wahyu, wakil ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar juga menanyakan, bagaimana hubungan antara cabang olahraga, KONI maupun Kormi dengan pemerintah setempat.

Dengan tegas Wahyu mengatakan, stake holder olahraga di DKI semua tetap solid dengan pemerintah daerah.

Rombongan Komisi V DPRD Sumbar mendengarkan pemaparan Wahyu Hariadi Kepala Biro Kessos DKI Jakarta bagaimana cara pembinaan olahraga yang ada di daerah tersebut.(foto:dok)

Mendengar dan melihat pemaparan pemda DKI Jakarta, ketua komisi V DPRD Sumbar Daswanto, mengatakan, kunci utama peningkatan prestasi olahraga, sesuai DBON adalah soliditas pemerintah daerah dan stakehokder terkait, termasuk KONI setempat.

“Sumatera Barat harus lebih baik dari sebelumnya, dalam PON mendatang, kita harus bisa berada pada posisi puncak, untuk itu kita akan lakukan pembicaraan pada pemerintah daerah dan stakehokder lainnya,” terang Daswanto.

Hal senada juga dikatakan wakil ketua komisi V DPRD Sumbar Hj. Aida, dimana secara pribadi ia juga selalu memberikan peluang pada berbagai cabang olahraga untuk melakukan berbagai event, dalam menciptakan atlet potensial.

Salah satu cabang olahraga yang kerap menjadi perhatian Aida adalah Wushu, yang merupakan olahraga andalan nasional di kancah internasional.

“Kita harus siap membantu berbagai event olahraga, sesuai dengan keinginan kita meraih yang terbaik di tingkat nasional maupun internasional, sesuai DBON,” tegas Aida.

Pertemuan antara DPRD Sumbar dengan pemprov DKI berlangsung cukup lama, karena berbagai slide diputar, serta berbagai teori juga dipaparkan.

Usai pertemuan, rombongan komisi V DPRD Sumbar membawa disain milik pemprov DKI, yang nantinya akan dipedalam setibanya di daerah ini.

Dalam kunjungan tersebut, selain pimpinan dan anggota komisi V DPRD Sumbar, juga turut serta mewakili Kadispora Sumbar bidang peningkatan prestasi Fuaddi, staf komisi Benita, Hutri,Yusuf, serta beberapa staf lainnya untuk memfasilitasi semua diskusi dan kunjungan.(***)