Hoyak Tabuik Ramaikan Acara Alek Nagari Berok Nipah

307
Tamu undangan yang hadir pada kegiatan Alek Nagari yang digelar dikelurahan Berok Nipah,sabtu 11/11/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Kelurahan Berok Nipah kembali menggelar kegiatan budaya “Alek Nagari jilid 2” yang melanjutkan kegiatan yang sama tahun lalu.

Kegiatan beragam budaya ditampilkan diajang kegiatan yang berlokasi di jalan Nipah di samping kantor Lurah Berok Nipah, sabtu 11/11/2023. Diantaranya Baronsai dari Keluarga Lim dan juga Yayasan Murni, tari pasambahan, tarian toli-toli dari Nias dan tentunya tabuik yang didatangkan dari Pariaman.

Acara Alek Nagari yang didanai dari APBD Kota Padang yang merupakan kalender pariwisata Kota Padang 2023, tentunya melalui pokok pikirannya Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara.

“Kami bersyukur acara Alek Nagari ini berjalan lancar dan sukses. Ini semua tidak lepas dari masyarakat yang mensupport kegiatan ini dan tentunya juga LPM Berok Nipah, tokoh masyarakat serta Karang Taruna dan Pokdarwis yang menjadi panitia acara” ujar Iswanto Kwara.

Lebih lanjut Wawan biasa dipanggil mengatakan, acara ini adalah pemersatu masyarakat yang memang di kelurahan ini masyarakatnya berasal dari berbagai etnis.

Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara didampinhi Asisten III Walikota Padang Corri Aisyah, Sekcam Padang Barat,Lurah Berok Nipah bersama tokoh masyarakat saat melepas arak-arakan tabuik.(foto:dok)

“Karena di Kelurahan ini masyarakatnya multi etnis, ada muslimnya, ada thionghoanya, nias, batak beberapa jawa dan wilayah lainnya, dengan inilah kami berkumpul untuk bersatu melalui Alek Nagari jilid 2 ini”, tuturnya.

Sementara itu Waka LPM Berok Nipah Ade Suharmansyah juga bangga atas acara “alek nagari jilid 2” ini. Hal ini dikarenakan melihat antusiasnya masyarakat menyaksikan acara ini, apalagi ditutup dengan arak-arak tabuik.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, antusias masyarakat yang lebih tinggi dari tahun lalu, apalagi pelaku UMKM dari berbagai usaha juga ikut meramaikan acara ini. Terakhirnya tentu arak-arakan tabuik yang dibopong oleh masyarakat dengan semangatnya” ujar Ade didampingi Dion Saputra Ketua Pemuda Berok Nipah yang baru saja terpilih.

Arak-arakan tabuik yang di hoyak oleh pemuda serta masyarakat berok nipah mengelilingi wilayah kelurahan berok nipah.(foto:dok)

Acara ditutup dengan pelepasan arak-arakan tabuik yang dilepas oleh Asisiten III Walikoya Pasang Ibu Corri Saidah didampingi Anggota DPRD Kota Padang, Sekretaris Camat Padang Barat dan beberapa tokoh masyarakat kelurahan Berok Nipah.(as)