Hadiri Anniversary Rumah Cerdas Pemancungan, Umi Harneli Bahar Apresiasi Ilmu Adab Yang Diterapkan Dalam Pembelajaran

37
Harneli Bahar Duta Bunda Paud bersama pengurus dan anggota Rumah Cerdas Pemancungan (RCP) pada acara 1 tahun berdirinya RCP,sabtu 7/10/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Sebagai Duta Bunda Paud, Umi Harneli Bahar yang konsen pada dunia pendidikan sangat mengapresiasi berdirinya Rumah Cerdas Pemancungan (RCP) dengan menghadiri perayaan Anniversay Setahun RCP, Sabtu (7/10) di Pemancungan, Pasa Gadang, Padang.

Dalam sambutannya Umi Harneli sangat mengapresiasi kepedulian Founder RCP , Firmansyah atas upayanya ikut meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di daerah pemancungan.

“Saya sangat mengapresiasi sekali ada kepedulian pemuda pemancungan untuk mendirikan tempat bimbel Rumah Cerdas Pamancungan yang membantu anak-anak disekitar daerah ini mendapatkan ilmu gratis dari adik-adik mahasiswa dalam proses belajat mengajar RCP, apalagi ada ilmu adab yang ikut diberikan untuk meningkatkan akhlak dan moral generasi penerus bangsa” Ucap Umi Harneli.

Apresiasi tersebut diberikan umi mengingatkan akhir-akhir ini banyak sekali aksi bullying di sekolah akibat minimnya pembekalan akhlak dan moral pendididkan, namun RCP peduli akan pentingnya ilmu adab tersebut.

” Tidak hanya pendidikan formal saja, ilmu adab moral dan akhlak sangat penting untuk menciptakan sosok generasi berkualitas, semoga RCP kedepannya semakin berkembang dan saya menghimbau seluruh pihak untuk mendukung serta memberi support penuh kepada RCP” himbau Harneli.

Firmansyah founder RCP menyebut rumah belajar yang berdiri sejak satu tahun lalu berawal dari kegundahannya melihat anak-anak sekolah yang belum maksimal mendapatkan pembelajaran di luar sekolah karena keterbatasan biaya.

“Kepedulian untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah Pamancungan ini ternyata mendapat respon positif dari berbagai pihak khususnya adik-adik mahasiswa yang tinggal di Pamancungan untuk mentransfer ilmu nya. Dan kami juga bersyukurr mendapat pembekalan Diklat cara mengajar bekerjasama dengan bimbel ternama di kota padang” Tutur Firmansyah.

Selain itu Ia menambahkan, RCP juga turut memberikan ilmu Adab kepada anak-anak sekolah yang saat ini sudah berjumlah puluhan anak-anak sekolah.

” Kami mengutip kata ulama Imam Ibnu Mubaraq “Kami belajar adab 30 tahun dan belajar ilmu 20 tahun” dari sana dapat disimpulkan adab itu mendahului ilmu dimana selain ilmu pendidikan kita perlu menerapkan akhlak, moral dan sopan santun kepada anak-anak” ujar Firmansyah.

Banyaknya dukungan positif juga ditandai dengan kehadiran Anggota DPRD Kota Padang Muhidi, Ketua Peradi Kota Padang Miko Kamal, Camat Pasa Gadang, Babinkamtibnas dan ibu ibu kelompok majelis taklim pamancungan, pasa gadang.

Dikoordinir oleh ketua panitia, Syafhan, perayaan satu tahun RCP ditandai dengan prosesi potong tumpeng kemudian launching pojok literasi dan aksi donor darah untuk masyarakat umum. (monsis)