Hadir Sebagai Pemateri, Arif Yumardi Sampaikan Keterbukaan Informasi di Lembaga Peradilan

21
Komisioner KI Sumbar Arif Yimardi hadir sebagai pemateri pada kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Informasi di PTUN,senin 11/9/23.(foto:dok)

Padang,92news.id –Pengadilan Tata Usaha Negara menggelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi di jajaran Pengadilan setelah melakukan MoU dengan Fakultas Hukum Unand di Gedung Pasca Sarjana Hukum Unand Jalan Pancasila no 10 Padang, Senin , 11/09/2023

Setelah di laksanakan pembukaan dan penandatangan MoU antara PTUN dengan Pasca Sarjana Hukum Unand, dilaksanakan diskusi Panel. Hadir sebagai Pemateri H. Arif Yumardi, ST, SH dari KI Sumbar dan Panca Yunior Utomo. SH, MH dari Hakim Yusdisial Mahkamah Agung.

” Terkait dengan Keterbukaan Informasi Publik sejatinya jajaran pengadilan sudah Khatam” ujar Arif disambut dengan senyum oleh peserta yang hadir, diantaranya Ketua PTUN , Dekan Hukum Unand dan pengacara serta mahasiswa secara offline dan online.

“Beberapa kasus terkait dengan permohonan Informasi di Pengadilan selama ini yang ada di KI Sumbar memang sedikit kurang tegasnya jawaban yang diberikan terkait klasifikasi informasi tersebut” tegas Arif

Hakim Yudisial Mahkamah Agung lebih menitip beratkan kepada bagaimana SK 2 – 144/.. dan penerapannya.

“Kita sangat merespon apa yang sudah melahirkan KI sehingga kita merubah SK 144 menjadi SK 2-144, yang mana substansinya adalah mempercepat proses permohonan Informasi di Pengadilan” jelas Panca Yunior.(***)