Gelar Pelatihan Relawan Bencana, Hidayat : Untuk Meningkatkan Kemampuan Relawan

12
Anggota DPRD Sumbar Hidayat saat memasangkan kelengkapan salah seorang peserta pada kegiatan pelatihan relawan bencana.(foto:dok)

Padang,92news.id — Sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari daerah pemilihan Sumatera Barat 1, Hidayat kembali menggelontorkan kegiatan melalui realisasi pokok-pokok pikiran sebagai anggota dewan.

Kali ini, Hidayat menggelontorkan pokir dengan menggelar pelatihan bagi relawan bencana Kota Padang.

Program itu melatih 75 orang Komite Peduli Bencana (KPB) Kota Padang selama tiga hari.

Hadir enam narasumber dan instruktur. Relawan dilatih secara materi dan simulasi kebencanaan, termasuk manajemen bencana dan bentuk pelaporan kebencanaan.

Hidayat mengatakan, pelatihan itu merupakan program untuk meningkatkan kemampuan relawan bencana.

“Digelarnya pelatihan ini agar dapat berkolaborasi, karena ini sangat penting untuk penanggulangan bencana,” kata Hidayat ketika memberikan kata sambutan, Rabu (3/7/2024) di Hotel Imelda Padang.

Hidayat, sebagai anggota DPRD Sumatera Barat hampir setiap tahunnya melaksanakan program pokir untuk kebencanaan di Kota Padang dan Sumatera Barat.

Menurutnya, fungsi relawan berperan penting sebagai garda terdepan nantinya.

“Terutama Kota Padang adalah penyumbang ekonomi besar untuk Sumatera Barat. Sebanyak 25,7 persen perekonomian Kota Padang memberikan masukan kepada provinsi,” ucapnya.

Hidayat berharap dalam pelatihan nantinya akan ada pola partisipasi aktif dan seluruh unsur, pemerintah, swasta dan masyarakat menangani kebencanaan.

“Relawan tingkat kecamatan dan kelurahan terkoordinasi dengan BPBD, sehingga informasi dan antisipasi bencana lebih terkoordinir,” pungkasnya. (*)