Forum Wartawan Parlemen Sumbar Study Banding ke DPRD Bali

27
Ketua FWP-SB Novrianto didampingi Kepala Bagian Persidangan DPRD Bali, I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama memberikan sambutan dikegiatan Study Banding ke DPRD Bali, senin 28/8/23.(foto:dok)

Denpasar,92news.id — Sebanyak 20 Anggota Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) yang dipimpin oleh Ketua FWP-SB, Novrianto Ucok melakukan study banding ke DPRD Provinsi Bali, Senin (28/8/2023).

Kepala Bagian Persidangan DPRD Bali, I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama didampingi staf Humas dan Protokol, menerima rombongan FWP-SB di ruang khusus Badan Musyawarah (Bamus).

Dalam sambutannya, Alit Wikrama menyampaikan bahwa di DPRD Bali juga punya Forum Wartawan DPRD (Forward). Terhadap anggota Forward, sekretariat DPRD memfasilitasi dengan kerjasama liputan dan advertorial

“Khusus untuk liputan, maka DPRD memberikan biaya, tentunya hanya bagi media yang sudah tercantum dalam Surat Keputusan Sekwan,” kata Alit Wikrama.

Terkait dengan study banding, DPRD Bali juga sudah beberapa kali membawa anggota Forward ke luar Bali. Mengingat media yang terdaftar sebanyak 25 media, maka setiap perjalanan tersebut bisa semua diikutkan.

“Setiap study banding, kita bawa semua anggota Forward yang jumlahnya 25 orang. Khusus untuk perjalanan dalam daerah di Provinsi Bali, maka kita juga siapkan SPPD nya,” ucap Wikrama.

Sementara itu, Ketua FWP-SB, Novrianto Ucok mengawali sambutannya dengan memperkenalkan seluruh anggota rombongan. Novrianto menyampaikan bahwa di DPRD Sumbar, wartawan dan media tempat dia bertugas, sama sama difasilitasi. Medianya difasilitasi dewan dalam bentuk pariwara, sementara untuk kesejahteraan wartawan anggota FWP-SB difasilitasi dalam bentuk uang liputan yang pertanggungjawabannya dalam bentuk kliping berita.

“Bahkan untuk biaya liputan itu, juga terbagi dalam bentuk liputan dalam kota dan luar kota, dimana besaran biayanya juga berbeda,” terang Ucok, wartawan senior yang sudah lebih 20 tahun menjabat Ketua FWP-SB.

Ditambahkan, FWP-SB juga sudah beberapa kali memfasilitasi anggotanya dengan mengikutkan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan Dewan Pers dan Lembaga Pers Dr Soetomo.

“Di awal awal pemberlakukan UKW, sekitar tahun 2012, kita sudah 2 kali membawa rombongan wartawan untuk UKW ke lembaga Pers Soetomo di Jakarta,” ucap Ucok, pemegang Kartu Wartawan Utama sejak tahun 2012.

Mendengar pemaparan Ucok, Wikrama mengaku salut cara Sekretariat DPRD Sumbar memperhati kan kesejahteraan wartawan yang bertugas di depan.

“Nanti akan kita pelajari, bagaimana rekeningnya sehingga bisa liputan dibayarkan” ucap Wikrama.

Selain wartawan, study banding FWP-SB juga mengikutkan dua orang staf Humas, Arnelly Amran dan Ida Wulansari, serta dua staf protokoler DPRD Sumbar, Nelly dan Rita Suzana. (ms)