Empat Penghulu Panai Sepakat Galang Suara untuk Caleg DPRD Sumbar Syafrizal Ucok

23
Caleg DPRD Provinsi Syafrizal Ucok bertemu dengan 4 penghulu Panai dalam Pertemuan Silaturrahmi di Rumah Gadang Datuak Rajo Batuah, di Painan Timur, Minggu 1/10/2023.(foto:dok)

Painan,92news.id — Empat penghulu suku Panai Painan, Kecamatan IV Jurai, bersama perangkat dan seluruh anggota kaumnya, sepakat mendukung dan mengantarkan Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah ke DPRD Sumbar dalam Pemilu 2024 mendatang.

Kesepakatan itu diungkapkan empat penghulu suku Panai, dalam Pertemuan Silaturrahmi di Rumah Gadang Datuak Rajo Batuah, di Painan Timur, Minggu (1/10/2023) malam.

Keempat penghulu suku Panai itu adalah Datuak Nan Batuah, Datuak Rajo Batuah, Datuak Rajo Alam dan Datuak Rajo Mangkuto. “Kami keempat penghulu suku Panai Painan bersama imam, manti, dubalang, penungkek dan Bundo Kanduang serta seluruh kamanakan sudah sepakat mendukung mamak kami Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah untuk menjadi Anggota DPRD Sumbar,” kata Datuak Rajo Alam, yang merupakan purnawirawan anggota Polri itu.

Menurut In Dt. Rajo Alam, dalam Pemilu 2024 ini dalam suku Panai Painan hanya Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah satu-satunya yang mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumbar. Karena itu tidak ada pilihan lain dari kemenakan suku Panai, dan diharapkan tentunya dukungan dari sumando atau mande bapaknya.

Alasan bersatunya suku Panai Painan mendukung Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, selain karena sosoknya adalah Datuak dari suku Panai, juga karena ia merupakan tokoh yang sudah sangat pantas menjadi wakil Pesisir Selatan di DPRD Provinsi Sumbar.

“Kabupaten Pesisir Selatan membutuhkan wakil yang kuat untuk berjuang di tingkat DPRD Provinsi. Kami percaya Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah yang diusung Partai Golkar mampu untuk mengemban amanah itu,” tambah Iswandi Panungkek Rajo Batuah menambahkan.

Selama ini, kata Iswandi Panungkek Rajo Batuah, kepedulian dan perhatian Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah sudah dapat dirasakan oleh masyarakat, sejak jadi Wakil Bupati, Ketua LKAAM, Ketua PKPS di Sumbar dan selama memangku Ketua KAN Painan. “Dengan menjadi Anggota DPRD Sumbar nantinya, maka perhatian dan kepedulian Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah kepada Pesisir Selatan dapat terus dilanjutkan,” kata Iswandi Panungkek.

Karena untuk bisa duduk sebagai Anggota DPRD Sumbar membutuhkan suara yang banyak, diperkirakan di atas 10.000 ribu suara, maka keempat penghulu suku Panai Painan beserta perangkat kaum akan mensosialisasikan kepada kaum suku Panai lain di seluruh Pesisir Selatan dan suku lainnya yang ada di daerah ini.

Mendapat dukungan bulat dari Mamak dan kemenakan suku Panai Painan, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah sangat terharu. Tidak terbayangkan keempat penghulu suku Panai di Painan telah bersatu untuk mendukungnya dalam Pemilu 2024 nanti.

“Alhamdulillah atas semua dukungan dan semangat dari Suku Panai Painan, dan kiranya dapat dikambang dan dilebakan kepada suku Panai lainnya di seluruh Pesisir Selatan dan suku lainnya di Ranah Pasisia ini,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah terharu.

Menurut Syafrizal Ucok, jika dirinya mendapat amanah di DPRD Provinsi tentunya akan memperjuangkan aspirasi seluruh masyarakat di Dapil Pesisir Selatan dan Kabupaten Mentawai, termasuk di dalamnya kaum Suku Panai yang ada. (*)