Ekos Albar Usung Program Seragam Sekolah Gratis bagi Siswa di Padang

12
Bakal Calon Walikota Padang Ekos Albar saat bersama siswa Sekolah Dasar di Padang.(foto:dok)

PADANG,92news.id – Bakal calon Wali Kota Padang, Ekos Albar, mengusung program seragam sekolah gratis bagi masyarakat jika terpilih di pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang. Program untuk membantu beban biaya orang tua siswa itu, disebut sebagai langkah strategis guna meningkatkan angka partisipasi sekolah di Kota Padang.

“Kita menyadari pada setiap awal tahun ajaran baru, orang tua siswa dibebani biaya tinggi untuk menyekolahkan anak mereka. Karena itu, saya ingin membantu meringankannya dengan membagikan baju seragam sekolah secara gratis,” sebut Ekos, Kamis (27/6/2024).

Selain itu, kata Ekos, bantuan seragam sekolah tersebut juga akan menghilangkan rasa perbedaan di antara para siswa. Sebab setiap siswa, baik yang berasal dari keluarga kaya maupun dari yang kurang mampu, semua akan memakai pakaian yang sama.

“Hal ini akan menghilangkan sekat sosial di antara para siswa. Mereka tidak akan merasa berbeda dari teman lainnya karena diberikan seragam sekolah yang sama,” ucapnya.

Namun, hal yang terpenting dari program tersebut, menurut Ekos, ialah untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah. Pasalnya, sejak beberapa tahun terakhir, angka tersebut terus menurun, terutama untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sumatra Barat, angka partisipasi sekolah pada kelompok umum 13 hingga 15 tahun, terus mengalami penurunan. Pada tahun 2020, angkat tersebut mencapai 97 persen, sementara pada 2023, menurun menjadi 95 persen.

“Meski penurunannya tidak signifikan, tetapi tetap saja ini berarti semakin banyak anak-anak yang putus sekolah. Salah satu faktor penyebabnya ialah persoalan ekonomi. Itu sebabnya kita ingin membantu agar masalah putus sekolah ini tidak terjadi lagi,” papar Ekos.

Menurut Ekos, masa depan Kota Padang ini sangat bergantung kepada anak-anak tersebut. Karena itu, kualitas dan tingkat pendidikan mereka sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, kota ini bisa semakin maju dan berkembang karena dipimpin oleh putra-putri yang berpendidikan tinggi.