Disdik Kolaborasi dengan KI Sumbar Gelar Bimtek Monev KIP

22
Ketua KI Sumbar Nofal Wiska saat menyampaikan terkait monev 2023 kepada peserta Bimtek PPID SMA/SMK se Sumbar,senin 4/9/23.(foto:dok)

Padang,92news.id — Gasspool Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di badan publik SMA/SMK se Sumbar, Dinas Pendidikan (Disdik) kolaborasi dengan Komisi Informasi (KI) Sumbar, Senin 4/9-2023 di Aula Dinas Pendidikan Jalan Sudirman Padang.

Kepala Disdik Sumbar diwakili Sekdis Suryanto membuka Bimtek Monev bersama Ketua KI Sumbar Nofal Wiska dan Ketua Panitia Monev Badan Publik 2023 Tanti Endang Lestari dengan peserta seluruh PPID SMA/SLTa se Sumbar.

“Bimtek ini difokuskan awalnya terkait pengisian kuisioner Monev Badan Publik untuk SMA/SMK se Sumbar untuk 2023 ini,”ujar Nofal Wiska.

Tapi dalam perkembangan sejak Bintek Monev digelar KI, masih ada sekolah yang bertanya tentang pengelolaan informasi publik di sekolah.

“Sehingga nya lewat fasilitasi Pak Kadis Disdik Sumbar dan Pak Sekdis hari ini diselenggarakan Bimtek Monev khusus SMA/SMK se Sumbar,”ujar Nofal.

Selain itu menurut Nofal Wiska betapa pun hebat aturan tanpa ada komitmen Kepala Sekolah dalam aplikasi nya,maka KIP ini hanya lips service saja.

“Pimpinan Badan Publik harus punya niat, komitmen dan konsisten, serta fasilitasi prasarana dan sarana terkait pengelolaan informasi publik di SMA/SMK. Termasuk website dan alokasi anggaran untuk PPID dalam mengelola informasi publik di sekolah,”ujar Nofal Wiska. (***)