Dinilai Layak, Tokoh Petani Nasional Dukung Zuhrizul Duduk di DPR RI

46
Tokoh petani Nasional Masril Koto sampaikan Zuhrizul layak menjadi anggota DPR RI 2024-2029.(foto:dok)

Padang,92news.id — Dukungan berbagai tokoh dan elemen masyarakat terus berdatangan untuk Muhammad Zuhrizul maju sebagai calon anggota DPR RI Nomor Urut 5 Dapil Sumbar 1 yang meliputi Kota Padang, Sawahlunto, Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, dan Tanahdatar.

Salah satu nya dukungan dari tokoh petani Nasional Masril Koto. Menurut pendiri bank tani asal Sumbar itu, arah perjuangan Zuhrizul lebih jelas dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Sumbar, terutama dalam bidang pariwisata, pertanian, UMKM dan infrastruktur.

Menurutnya, hal itu tidak lepas dari rekam jejak kerja nyata Zuhrizul di berbagai kabupaten dan kota di Sumbar. Ratusan desa wisata berhasil diinisiasi dan diberdayakannya bersama para pegiat wisata dan para anak muda nagari.

“Kalau Zuhrizul sudah duduk di DPR RI Senayan Jakarta, beliau sudah tahu apa saja persoalan saat ini dan kebijakan apa untuk mengatasinya karena benar-benar telah sering berinteraksi langsung dengan masyarakat. Jadi lebih mengerti apa maunya masyarakat Sumbar,” tambahnya.

Masril Koto yang sudah berkiprah di pentas nasional ini lebih lanjut mengatakan bahwa dirinya optimistis Zuhrizul yang maju lewat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) banyak dipilih oleh masyarakat di Dapil Sumbar 1.

“Zuhrizul layak duduk di DPR RI karena selama ini banyak berinteraksi dengan berbagai elemen masyarakat termasuk dengan para aktivis, para pelaku pariwisata dan pertanian serta UMKM. Dikenal luas aksi nyatanya sehingga optimistis bisa terpilih di pemilu nanti,” ucapnya.

Selama ini M.Zuhrizul diketahui sebagai tokoh Pariwisata di Sumatera Barat yang sudah melalang buana membangun Pariwisata hingga memperoleh beberapa penghargaan tingkat nasional sehingga masuk prioritas dan mampu membawa perubahan bagi ekonomi masyarakat.

Sebagai pegiat sekaligus pelaku pariwisata, Zuhrizul telah melakukan berbagai upaya dan program-program pemberdayaan masyarakat di berbagai kabupaten dan kota di Sumbar, termasuk Kawasan Mandeh di Pessel, Geopark Silokek Sijunjung, dan lainnya.

Konsep yang dikonkretkan Ketua Indonesia Adventure Travel and Trade Asociation (IAATA) Sumbar ini adalah mendorong masyarakat di desa-desa wisata mengelola berbasis masyarakat dengan mendirikan koperasi.

Selain itu, pembentukan kelompok eko-wisata, seperti kuliner, kerajinan, seni tradisi, dan homestay.

Zuhrizul yang juga Ketua Tim Pengembangan dan Pendampingan Desa Wisata (TP2DW) Sumbar ini, sudah melatih kelompok-kelompok masyarakat untuk menekuni usaha kuliner, dengan menggelar pelatihan yang menghadirkan chef berpengalaman.

Zuhrizul juga sering diundang menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan workshop untuk meningkatkan kapasitas SDM pariwisata dan UMKM serta pemberdayaan petani untuk pengembangan agro wisata.

Selain konsen di pariwisata , M.Zuhrizul juga aktif di bidang olahraga adventure Sumbar buktinya saat ini ia dipercaya dipercaya oleh kalangan rescue kebencanaan mengkomandoi Komunitas Kebencanaan Indonesian Disaster Emergency Response Unit (I-Deru)
(**)