Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin Hadiri Apel Patroli Pengawasan Pemilu 2024

23
Bupati Syafaruddin bersama Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar beserta anggota Bawaslu Limapuluh Kota pada kegiatan apel patroli pengawasan pemilu 2024,minggu 11/2/24.(foto:dok)

LIMAPULUH KOTA,92news.id — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Apel Patroli Pengawasan Pemilu 2024, Minggu (11/2/2024) pagi. Apel dihadiri Bupati Syafaruddin bersama Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin, SH, M.Si.

Bupati Limapuluh Kota, Drs Syafaruddin Datuk Bandaro Rajo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilu tidak hanya sekedar mencoblos, tapi harapannya pemilu menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

“Tugas KPU, Bawaslu hingga KPPS untuk ikut mengajak pemilih beramai-ramai mendatangi TPS pada 14 Februari. Berikan kemudahan pada masyarakat untuk menggunakan hak konstitusinya, sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2024 ini,” ujar Bupati Syafaruddin.

Sebelumnya Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin dalam amanatnya menyampaikan bahwa Apel Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, dilaksanakan serentak di seluruh Bawaslu kabupaten dan kota di Sumbar. Hal ini dalam upaya peran aktif Bawaslu dalam melakukan pengawasan di masa tenang Pemilu 2024 pada 11-13 Februari 2024.

“Karena itu, kita harapkan seluruh petugas Bawaslu hingga kecamatan, kelurahan dan nagari hingga TPS untuk selalu menjaga kesehatan. Karena patroli pengawasan dilakukan selama 24 jam. Sejalan dengan itu, Bawaslu juga memastikan hak-hak petugas pengawasan akan dibayarkan segera tanpa pemotongan sesuai tingkatanny,” ujar Karnalis dalam apel yang dihadiri perwakilan pengawas TPS, PKD, Panwascam hingga Gakkumdu Kabupaten Limapuluh Kota.

Karnalis berpesan kepada semua petugas pengawasan agar selalu menjaga netralitas dan integritas sebagai pengawas pemilu, serta melaksanakan patroli pengawasan masa tenang di setiap tingkatan hingga wilayah TPS

“Lakukan tugas-tugas pengawasan saat pemungutan dan penghitungan suara, termasuk pengawasan pendistribusian logistik pemilu ke TPS-TPS sehingga semua potensi kecurangan atau pelanggaran tidak terjadi,” ungkap Karnalis.

Sementara itu, Kapolres 50 Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.Ik, MH, menyampaikan bahwa Pemilu 2024 ini membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena itu, diharapkan pemilu dapat menghadirkan pemimpin dan perwakilan rakyat yang baik dan berkualitas serta membawa aspirasi masyarakat.
“Pilihlah sesuai hati nurani sehingga Pemilu ini menghasilkan pemimpin yang betul-betul sesuai harapan masyarakat dan berintegritas. Jangan tergoda dengan calon yang banyak duitnya, pilihlah calon yang diyakini akan berpihak pada masyarakat dan memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ungkap Kapolres.

Sedangkan Yoriza Asra, SE, Ketua sekaligus Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Limapuluh Kota menegaskan bahwa patroli pengawasan masa tenang Pemilu 2024, untuk memastikan kesiapan seluruh jajaran pengawas di semua tingkatan melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilu. Harapannya, tidak terjadinya pelanggaran oleh peserta pemilu hingga hari ‘H’ pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Terhitung sejak masuk masa tenang kampanye, maka tidak ada lagi semua aktivitas yang berbau kampanye, seperti pertemuan, iklan calon, termasuk tidak ada lagi baliho-baliho atau spanduk yang terpasang di tengah masyarakat, serta tidak ada pemberian uang atau barang oleh peserta pemilu pada pemilih,” ujar Yoriza dalam apel yang juga dihadiri Dapit Alexsander, SHI, MAB (Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Hubmas), Ismet Aljannata, S.FIl.I (Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Sengketa) dan Kepala Sekretariat, Mellia Rahmi, S.IP. (ms/ald)