Besok PKDP Kota Padang adakan Halal bi Halal Bertabur Hadiah

19
Perhelatan Halal bihalal Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Kota Padang yang akan berlangsung besok di Youth Center Bagindo Aziz Chan.(foto:dok)

PADANG,92news.id — Menyambung silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan perantau yang berasal dari Piaman Laweh (Kabupaten Padang Pariaman dan kota Pariaman), yang berada di kota Padang, terus melakukan berbagai kegiatan, salah satunya dengan mengadakan halal bihalal.

Perantau Piaman Laweh yang diikat dalam sebuah organisasi Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) kota Padang juga melakukan registrasi pendataan jumlah anggotanya, sehingga dapat terus memantau baik suka maupun duka.

Untuk tahun ini, PKDP kota Padang mengadakan acara halal bihalal, dengan bertabur hadiah, dilaksanakan pada gedung Youth Centre, jalan Bagindo Aziz Can, pada Minggu (5/5/2024), sekaligus melakukan registrasi yang dibantu pengurus kecamatan se-Kota Padang.

Ketua panitia halal bi halal PKDP Kota Padang Indra Yunaidi, atau kerap dipanggil Oyon, yang juga owner Optik Dian, mengatakan, dalam acara tersebut selain banyaknya hadiah seperti motor listrik, mesin cuci dan lainnya, juga akan ditampilkan berbagai kesenian khas Piaman Laweh, diantaranya hoya tabuik.

“Kita akan membagikan ratusan hadiah untuk keluarga besar Piaman Laweh, namun sebelumnya kita juga akan melakukan pendataan dengan menyediakan beberapa meja registrasi, sehingga kita tahu dari mana asal saudara kita tersebut. Kita juga akan menampilkan berbagai kesenian diantaranya hoyak tabuik, ” Tutur Oyon, Sabtu (4/5/2024).

Pengusaha muda yang sudah sukses membuka berbagai cabang optik di luar Sumatera Barat, seperti Riau dan Aceh juga mengatakan, saat ini ketua DPD PKDP Kota Padang mempercayakan pada kalangan muda untuk menjadi panita, maka saat acara akan dilakukan pelantikan Generasi Muda Pariaman (Gempar).

“Saat ini hampir 100% panitia dipercayakan ketua PKDP Kota Padang berasal dari anak muda Piaman, maka besok kita akan melihat bersama-sama anak muda Piaman juga akan dilantik pengurusnya,” terang Oyon yang juga pengurus IMMI dan sering melakukan event balap motor tersebut.

Mempertegas apa yang dikatakan ketua panitia, ketua PKDP Kota Padang, Amril Amin, yang juga wakil ketua DPRD Kota Padang dan Owner Aciak Mart, mengatakan, halal bihalal tahun ini juga mengundang berbagai tokoh, baik yang berasal dari Piaman maupun dari daerah lain, menunjukkan jika organisasi ini sudah dikenal semua komponen.

Amril Amin juga menegaskan, lebih dari 40% warga kota Padang, merupakan perantau yang berasal dari Piaman Laweh, dan sudah berada di kota ini selama puluhan bahkan ratusan tahun, terbukti walikota saat pertempuran berasal dari Pariaman, yakni Bagindo Aziz Can.

“Kita merupakan perantau terbesar di kota Padang, maka itu harus kita tunjukkan dengan kedua nyata dan kekompakan Rang Piaman, salah satunya dengan mengundang berbagai kalangan, sehingga organisasi ini tetap dihormati semua kalangan,” tegas Amril Amin yang kerap disapa Aciak.

Dia juga menegaskan, PKDP juga melakukan berbagai terobosan, salah satunya dengan mengadakan pembinaan regenerasi kepemimpinan, maka saat halal bihalal ditunjukkan dengan kreatifitas generasi muda Piaman sebagai panitia.

“Kita juga akan tunjukkan kalau pembinaan regenerasi kepemimpinan ada di PKDP dengan cara memberi kepercayaan pada kalangan muda untuk menangani berbagai acara, diantaranya halal bihalal dan registrasi perantau Piaman yang ada di kota Padang,” tutup Amril “Aciak” Amin.(***)