Bertemu Dirjen, Nurkhalis Minta Bantu Bibit Petani Terdampak Erupsi Marapi

452
Nurkhalis bersama Kornas Gempita Ir. Yasir Kaisuku saat bertemu dengan Dirjen Tanaman Pangan Kementan Dr . Suwandi, M.Si di Jakarta,selasa 30/1/24.(foto:dok)

Jakarta,92news.id —  Koordinator Wilayah (Korwil) Sumbar Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) mendampingi Koordinator Nasional (Kornas) Gempita Ir Yasir Kaisuku ke Kementerian Pertanian, Selasa 30/1-2024.

Kedua tokoh petani muda Indonesia ini diterima Dirjend Tanaman Pangan Kementan Dr Suwandi Msi, mereka mendiskusikan tentang kesiapan pemuda tani se Indonesia dalam mendukung program perluasan lahan tanaman jagung dan padi serta solusi tentang regenerasi petani.

“Gempita sebagai wadah kampanye mengajak anak-anak muda untuk bertani secara modern dan digital tentu menjadi salah satu hal menarik untuk generasi muda,”ujar Kornas Gempita Yasir Kaisuku.

Korwil Gempita Sumbar Nurkhalis. juga melaporkan kesiapan pemuda tani Sumatera Barat dalam pembukaan lahan baru untuk tanam jagung.

“Kalau saja Sumatera Barat kedepan bisa tambah areal lahan jagung 50 ribu hektar, ini ditargetkan bisa mengatasi defisit jagung Sumatera Barat. dan akan menjadi solusi dari keluhan peternak yang ada di Sumatera Barat nantinya,”ujar Nurkhalis yang juga Calon DPD RI dengan style si topi caping petani.

Dr Suwandi Msi mengapresiasi hal-hal positif kepada pemuda tani dan siap membantu bibit serta Alsintan nantinya.

“Saya bangga dengan Nurkhalis yang terus semangat membahayakan pemuda untuk bertani, asalkan anak muda Sumatera Barat mau menanam dan dan menjagungkan lahan-lahan yang terlantar. Insyaallah ini akan berhasil selagi pemuda tani di Sumbar mau mengolah lahan yang ada dan masih banyak di Sumbar sesuai laporan dari Korwil Gempita Sumbar Nurkhalis,”ujar DDR Suwandi di ruang kerjanya.

Pada pertemuan sekitar dua jam ini Nurkhalis sempat  diskusi tentang petani Kabupaten Tanah Datar dan Agam yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi.

“Pemerintah dalam hal ini Kementan mohon membantu benih dan pupuk untuk kembali ke lahan yang kena dampak bencana Marapi. Ini pasti akan cepat dampak erupsi diatasi dengan bantuan semua pihak nantinya,”ujar Nurkhalis.(***)