Bawaslu Mentawai Lakukan Patroli Pengawasan Pemilu 3 Hari Jelang Pencoblosan

21
Bawaslu Kep. Mentawai Gelar Apel Siaga Pengawasan Bersama Bupati dan Forkopimda di pelabuhan tua pejat, minggu 11/2/24.(foto:dok)

MENTAWAI,92news.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kepulauan Mentawai awali Patroli pengawasan masa tenang dengan menggelar apel siaga pengawasan pemilu tahun 2024 di Pelabuhan Tua Pejat yang diikuti seluruh pengawasan kecamatan, Satpol PP, TNI, Bupati kepulauan Mentawai dan kepolisian setempat.

Ketua Bawaslu kepulauan Mentawai Perius S.kom menegaskan, tiga hari lagi tahapan pemungutan suara akan dilakukan di setiap TPS yang ada di Sumbar. Selain itu, Bawaslu RI telah mengeluarkan instruksi terkait masa tenang kampanye 3 hari sebelum dimulai masa tenang.

“Dimasa tenang ini, kami membentuk tim pengawasan yang akan melakukan patroli pengawasan ke sejumlah lokasi di kepulauan Mentawai. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu, seperti money politik yang dianggap rawan terjadi jelang hari pemungutan suara serta kegiatan kampanye dan alat peraga kampanye,” kata Ketua Bawaslu kepualaun Mentawai Perius, Minggu (11/2).

Kegiatan apel siaga pengawasan pemilu 2024 ini dimulai sore hari sekira pukul 5.15 WIB di pelabuhan Tua Pejat. Setelah apel siaga, dilanjutkan dengan kegiatan berpatroli yang dimulai dari pelabuhan Tua Pejat hingga Sioban sekira pukul 9.40 WIB.

Patroli pengawasan pemilu masa tenang akan kembali dilanjutkan besok tanggal 12 dengan titik kawasan yang berbeda, pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu akan terus berlangsung hingga Selasa tanggal 13 Fabruari 1 hari menjelang pemilu serentak dilakukan.

“Jika seandainya nanti ditemukan atau tedapat dugaan terkait kampanye, maka akan kami hantikan atau membubarkan serta menyelesaikan secara persuasif, akan tetapi jika ditemukan kesalahan yang cukup fatal, tentu akan ditindak sesuai aturan yang berlaku,” kata Ketua Bawaslu kepulauan Mentawai Perius.

Untuk alat peraga kampanye yang masih ada, besok akan kembali ditindak dan akan dibersihkan tuntas oleh Bawaslu beserta rekan-rekan yang lainnya, tambah Perius.. (***)