Baru Tiga Calon DPD RI Yang Daftar ke KPU Sumbar Sejak Pendaftaran Dibuka

23
Kasubag Teknis KPU Sumbar Rahman Al Amin sebutkan dihari kelima ini baru tiga calon DPD RI yang mendaftar,

Padang,92news.id – Hari ke-5 pembukaan penerimaan pendaftaran bakal calon anggota DPD RI Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah menerima pendaftaran tiga bakal calon anggota DPD RI yang mengantarkan berkas pendaftaran ke KPU Sumbar

“Penerimaan berkas pendaftaran bacalon DPD ke KPU di hari ke-5 ini telah ada tiga bacalon yang mengantarkan berkas pendaftaran ke KPU” ujar Kasubag Teknis KPU Sumbar Rahman Al Amin Sabtu siang 6 Mei 2023.

Disebutkan Rahman Al Amin, Tiga bacalon anggota DPD RI tersebut yakni Abdul Aziz, Yonder WF Alvarent dan Dirri Uzhzhulam.

“Bacalon Abdul Aziz menyerahkan berkas ke KPU Sumbar pada Jumat (5/5) pukul 09.30 WIB, namun kurang lengkap, sehingga ditolak. Namun, pada Jumat siang Abdul Aziz kembali membawa berkas dan telah diteliti panitia dan dinyatakan diterima,” sebut Rahman

Dikatakan Rahman lagi, bacalon yang pertama kali dinyatakan resmi berkasnya diterima d KPU Sumbar adalah Yonder WF Alvarent, menyusul Abdul Aziz setelah berkas yang dibawanya lengkap hingga diterima oleh panitia.

Selanjutnya, Dirri Uzhzhulam datang membawa berkas pendaftaran dan diterima panitia berkasnya dinyatakan lengkap.

Diulangi Rahman lagi, syarat bacalon anggota DPD yang dibawa untuk mendaftar yakni surat pendaftaran dan surat pernyataan.

“Ketiga bakal calon DPD tersebut dinyatakan lengkap dan nanti mereka hanya menunggu hasil verifikasi administrasi berkas mereka,” ujar Rahman

Ia mengatakan sejumlah bakal calon DPD RI yang lain juga telah menjadwalkan untuk mengantarkan berkas pendaftaran mereka ke KPU Sumbar seperti Leonardy Hermainy dan Yuri Hadiah.

Sebelumnya KPU Sumbar menetapkan 18 dari 20 bakal calon DPD RI daerah pemilihan setempat memenuhi syarat dukungan pemilih.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengatakan mereka ditetapkan memenuhi syarat setelah pihaknya melakukan rekapitulasi hasil verifikasi faktual kedua dan rekapitulasi akhir hasil verifikasi persyaratan dukungan minimal pemilih.

Ia mengatakan sebanyak 18 bakal calon DPD RI yang memenuhi syarat yaitu Abdul Aziz dengan jumlah dukungan sebanyak 2.502 pemilih di 19 kabupaten dan kota, Cerint Iralloza Tasya 2.170 pemilih di 14 kabupaten/kota, Desrio Putra 2.243 pemilih di 18 kabupaten/kota, Dirri Uzhzhulam 2.413 pemilih di 19 kabupaten/kota.

Kemudian Emma Yohanna 2.510 pemilih di 19 kabupaten/kota, Hendra Irwan Rahim 2.642 pemilih di 13 kabupaten/kota, Irman Gusman 2.315 pemilih di 15 kabupaten/kota dan Irfendi Arbi 2.035 pemilih di 12 kabupaten/kota.

Selanjutnya, Jelita Donal 2.056 pemilih di 19 kabupaten/kota, Jhoni Afrizal 2.004 di 15 kabupaten/kota, Leonardy Harmainy 2.188 di 12 kabupaten/kota, Mevrizal 2.173 di 19 kabupaten/kota, dan Muslim M Yatim 3.275 di 18 kabupaten/kota.

Selain itu, Nurkhalis 2.763 di 19 kabupaten/kota, Rifo Darma Saputra 2.185 di 16 kabupaten/kota, Yonder WF Alvarent 2.011 di 18 kabupaten/kota, Yong Hendri 2.252 di 19 kabupaten/kota, Yuri Hadiah 2.136 di 14 kabupaten/ kota.

“Selanjutnya, 18 orang bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat ini menunggu tahapan pendaftaran sebagai calon DPD RI dapil Sumbar yang dimulai 1-14 Mei 2023,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang bakal calon anggota DPD RI Yonder WF Alvarent mengatakan dirinya secara resmi mendaftar dan Alhamdulillah, semua berkas telah diberikan dan dinyatakan lengkap oleh KPU.

“Kami harap proses pendaftaran seluruh anggota DPD dan DPRD Sumbar berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Ia berharap masih membutuhkan dukungan masyarakat secara luas untuk bisa bersatu membangun Sumbar yang lebih baik lagi ke depan.(*)