Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik 2023, Diikuti Ratusan Siswa se Payakumbuh

27
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat membuka kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik yang berlangsung di Payakumbuh,rabu 13/12/23.(foto:dok)

Payakumbuh,92news.id — Kegiatan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik menjadi salah satu ikon kegiatan Komisi Informasi Sumatera Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di Payakumbuh pada rabu 13/12/23 ini, diikuti ratusan siswa.

Tidak hanya seremonial saja, tetapi kegiatan ini mengkombinasikan antara workshop dengan penampilan seni siswa SMA dan SMK.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi yang membuka kegiatan ini menyebut Sumatera Barat harus menjadi trendsetter keterbukaan informasi publik di Indonesia. Karena masyarakat Sumatera Barat sudah terbiasa untuk transparan dan akuntabel. Karena itu, dulu Sumatera Barat dan Minangkabau maju secara budaya.

“Ciri – ciri negara maju salah satunya adalah pemerintah bisa membuka akses seluas-luasnya nya kepada publik, apapun informasi di pemerintahan, kecuali memang informasi yang dikecualikan,” kata Supardi.

Dihadapan siswa Supardi berpesan agar siswa di Payakumbuh benar benar memahami nilai transparansi dan keterbukaan informasi publik, karena akan menjadi bekal untuk masa depan.

“Tertumpang harapan kami kepada siswa SMA dan SMK untuk memahami apa itu transparansi, keterbukaan informasi dan akuntabilitas, 10 tahun lagi kalian menjadi pemimpin, nilai nilai itu yang bisa melindungi kalian dari hal hal negatif,” harap Supardi.

Ketua DPRD Sumbar juga mengapresiasi sekolah di Payakumbuh yang sudah memiliki PPID, ini membuktikan secara substansi Payakumbuh siap untuk terbuka.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat, Nofal Wiska menyebut Payakumbuh harus menjadi epicentrum Keterbukaan Informasi Publik, melalui penguatan KIP kepada siswa.

“Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik tahun ini adalah kegiatan kedua digelar di Payakumbuh, KI Sumbar berharap dari Payakumbuh ini nilai nilai KIP menyebar kepada siswa di kabupaten dan kota lain,” ungkap Nofal Wiska.

Hadir juga dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Kominfotik Sumbar Oni Fajar Syahdi, Kacabdin Pendidikan Wilayah IV Syafruddin, Dirut Pamtigo Payakumbuh, Khairul Ikhwan, Owner Batik Lumpo Novia Hartini dan Kepala Sekolah SMA dan SMK se Kota Payakumbuh.