Banyak Caleg Muda Terpilih, Ketua JPS desak Kaukus Parlemen Muda

49
Adrian Tuswandi yang biasa dipanggil Toaik dan juga Ketua JPs Sumbar.(foto:dok,richo)

Padang,92news.id — Pemilu 2024, setuju atau tidak telah terjadi kaderisasi politisi di Sumbar

Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Adrian Tuswandi yang mempelototi hasil pemilu dan Caleg terpilih jauh sebelum penetapan KPU, walau informasi berklasifikasi disclaimer, fakta nya memang begitu.

“Telah terjadi pergeseran usia politisi, ceruk pemilih milenial yang menganga besar ternyata beri jackpot (sukses) kepada politisi muda bahkan politisi Gen Z,”ujar Toaik biasa Adrian Tuswandi di panggil pada diskusi pers tentang “Pemilu 2024 Kiamat Kecil bagi Politisi Tuo”, Minggu 3/3-2024.

Terkait itu, Toaik menilai ada peluang atas mendominasinya wajah politisi milenial di DPRD seluruh tingkatan di Sumbar.

Apalagi berkaca dari melambatnya geliat ekonomi Sumbar, bahkan PDRB Sumbar jauh tertinggal dari provinsi Riau.

“Kaukus Parlemen Muda mendesak dan menjadi solusi untuk berikan loncatan momentum Sumbar mengejar ketertinggalan dari Riau, Jambi, atau menjadi trigger kemajuan Sumbar kedepan,”ujar Toaik

Data Jaringan Pemred Sumbar ( JPS), ada wajah milenial memenuhi direktori DPRD periode 2024-2029.

“Jumlahnya luar biasa, sebut aja di DPRD Sumbar ada Nanda Satria, Iqra Chissa, Varel Orion, Yogi Pratama dan banyak lagi yang lain seperti Bagas. Lalu di DPRD Kota Dan Kabupaten, Argi Finalo (Padang), Benni Okva Della (Limapuluh Kota) juga ada banyak lainnya, tersebar di 19 parlemen kota dan kabupaten di Sumbar,”ujar Toaik.

Hingga ke Senayan DPR/DPD RI, ada Cindy Monica, Zigo Rolanda dan Cerint.

“Uihh ngeri, jika Kauskus Parlemen Muda ini terbentuk dengan semangat lepaskan baju Parpol mereka masing-masing, fokus bicara percepatan kemajuan Sumbar dengan conecktifity yaitu infrastruktur jalan, Sumbar bisa sejajar dengan Jambi atau Riau, hanya soal waktu saja,”ujar Toaik. (***)